Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10

Jika kalian merupakan pengguna baru sistem operasi Windows 10 dan terkendala dengan cara melakukan aktivasi windows 10, kalian dapat membaca pembahasan cara aktivasi windows 10 berikut ini.

Sistem operasi windows 10 memiliki bermacam-macam fitur keunggulan jika dibandingkan dengan versi windows sebelumnya. Selain itu sistem operasi ini memiliki halaman Menu Start yang sangat familiar.

Jika dilihat dari sisi performa, Windows 10 memiliki proses kinerja yang cukup cepat dibanding dengan windows versi sebelumnya. Fitur Cortana juga telah disematkan pada sistem operasi ini.

Kabar yang lebih baiknya lagi pada Windows 10 ini adalah penawaran tingkat keamanan dan fitur proses multitasking secara aman dan nyaman.

Namun sebelum kalian menikmati seluruh fitur dari windows 10 ini, selain melakukan proses instalasi sistem operasi, kalian juga harus melakukan proses aktivasi terlebih dahulu.

Berikut ini cara melakukan aktivasi pada windows 10 dengan mudah.

Menggunakan Lisensi Resmi

Lisensi adalah syarat utama yang harus kalian kalian miliki jika ingin melakukan proses aktivasi Windows 10. Akan lebih baik jika jika lisensi yang kalian miliki merupakan lisensi asli dari Microsoft.

Untuk mendapatkan lisensi asli windows 10, kalian harus melakukan pembayaran yang cukup mahal. Namun kalian juga dapat memilikinya dengan harga yang murah dan terjangkau.

Untuk mendapatkan lisensi windows 10 murah, kalian dapat membeli lisensi tipe retail. Terdapat banyak sekali penjual online yang menawarkan lisensi ratail tersebut.

Harga Lisensi Retail

Harga dari lisensi retail yang termurah berkisar antara harga Rp25.000,00 sampai Rp30.000,00. Nominal ini pastinya cukup terjangkau untuk kalian.

Selain harga yang murah lisensi ini memiliki beberapa alasan lain yang dapat kalian jadikan pertimbangan dalam membeli lisensi windows 10. Berikut alasannya.

  • Penggunaan yang fleksibilitas.

Kalian dapat menggunakan bahkan memindahkan lisensi tersebut pada perangkat yang lain, Tetapi tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Dengan demikian, akan mengurangi pengeluaran yang berlebih ketika kalian ingin mengganti perangkat.

  • Upgrade hardware yang fleksibilitas.

Kalian dapat dengan bebas melakukan proses upgrade perangkat keras (hardaware). Contohnya seperti prosesor, HDD/SSD, RAM, kartu grafis dan lain sebagainya.

  • Bukan hal ilegal.

Kalian juga akan mendapat dukungan langsung dari Microsoft apabila mengalami kendala saat penggunaan atau proses aktivasi.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 7

Jenis Lisensi

Jenis lisensi retail ini dijual secara terpisah. Kalian dapat memiliki dan membelinya melalui situs resmi Microsoft atau dari situs jual beli online yang terpercaya.

Selain lisensi retail Windows 10, ada juga jenis lisensi lainnya yaitu lisensi OEM (Original Equipment Manufacturer).

Dari masing-masing lisensi tersebut pastinya terdapat kelebihan dan kekurangan yang berbeda pula. Namun karena alasan seperti di atas, banyak para pengguna windows 10 yang memilih lisensi retail ini.

Cara Menghapus Lisensi

Jika kalian tidak pernah menggunakan cara aktivasi yang ilegal, cara seperti ini tidak harus kalian gunakan. Karena ini merupakan tahap opsional saja.

Tetapi sebaliknya, apabila kalian sebelumnya telah melakukan aktivasi dengan cara yang ilegal, kalian harus menghapus lisensi key tersebut dan menggantinya dengan lisensi resmi yang baru.

Untuk kalian yang ingin mengetahui bagaimana cara menghapus lisensi, Berikut panduan dan langkah-langkah yang mudah dan dapat kalian ikuti.

  • Buka aplikasi CMD ( Command Prompt ), klik kanan dan pilih Run as Administrator.
  • Ketik “slmgr/upk” kemudian tekan tombol Enter.
  • Setelah itu ketik kembali “slmgr.vbs/cpky“, tekan Enter.
  • Jika telah selesai, restart perangkat komputer kalian, secara otomatis lisensi lama akan terhapus dan kalian dapat melakukan proses aktivasi lisensi windows 10 yang baru.

Aktivasi Dengan Lisensi Baru

Setelah kalian menghapus lisensi lama, tahap berikutnya yaitu melakukan proses aktivasi Windows 10 menggunakan kode lisensi baru. Berikut langkah-langkah dan cara aktivasi windows 10 menggunakan lisensi key baru

Masuk Menu Setting

  • Tekan tombol Windows di bagian kiri bawah pada halaman dekstop atau tekan tombol windows pada keyboard.
  • Pilih menu Setting atau menu Pengaturan .
  • Setelah masuk di menu pengaturan, pilih “update & security“.
  • Kemudian, pilih menu “Activation“.

Masukkan Lisensi Key

  • Setelah halaman aktivasi terbuka, kalian dapat melihat informasi tentang versi Windows yang sedang kalian gunakan.
  • Pada bagian bawah, tekan tombol “Change Product Key“.
  • Kemudian masukkan kode lisensi atau product key baru yang telah kalian miliki.

Proses Aktivasi

  • Untuk memastikan agar proses aktivasi berjalan dengan lancar, pastikan perangkat komputer yang kalian gunakan terhubung dengan jaringan internet.
  • Proses validasi ini akan memakan waktu beberapa saat. tunggu hingga proses validasi benar-benar selesai.
  • Setelah proses validasi selesai dan berhasil dilakukan, akan tampil notifikasi “Windows is activated“. Notifikasi tersebut menunjukkan bahwa proses aktivasi windows 10 berhasil kalian lakukan.

Activator Windows 10

Membahas cara aktivasi windows 10, tentunya kalian juga harus mengetahui manfaat apa saja yang kalian dapatkan jika menggunakan lisensi resmi microsoft.

Lisensi Resmi Windows 10

Saat ini telah banyak pengguna windows yang menggunakan lisensi ilegal atau tidak resmi, ada baiknya kalian tidak mengikuti cara seperti mereka.

Meskipun untuk mendapatkan lisensi tersebut tidak dikenakan biaya sama sekali, namun efek yang di timbulkan cukup banyak. salah satu contohnya yaitu :

  • Kalian tidak bisa mendapatkan update windows 10, termasuk update fitur baru dan perbaikan bug pada versi sebelumnya.
  • Rentan dari bahaya, mulai dari virus yang sulit dihilangkan hingga bahaya ransomware yang langsung merusak seluruh data pada komputer.

Sebaliknya, penggunaan lisensi resmi memiliki harga dan kualitas. Lisensi ini merupakan pilihan yang terbaik karena jauh dari resiko dan masalah seperti dia atas.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Virus Pada Laptop

Manfaat Lisensi Resmi Windows 10

Selain mengetahui resiko yang di timbulkan dalam penggunaan lisensi ilegal windows 10, kalian juga harus mengetahui manfaat apa saja yang kalian dapatkan jika menggunakan lisensi resmi windows 10.

  • Jika windows memiliki pembaruan sistem, kalian dapat langsung melakukan update pada perangkat komputer.
  • Tidak akan terjadi layar hitam. Hal ini hanya terjadi jika melakukan proses aktivasi menggunakan kode lisensi tidak resmi ( ilegal ).
  • Kalian akan mendapatkan pemberitahuan update sistem secara berkala. Fitur ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja komputer dan mengatasi seluruh masalah bug pada laptop.
  • Mendapatkan lebih banyak fitur dan dapat digunakan secara bebas.
  • Microsoft akan selalu memberikan dukungan langsung untuk para pengguna sistem operasi berlisensi resmi.

Cara aktivasi windows 10 offline

Menggunakan KMSpico

Sebagian pengguna sistem operasi windows 10 yang tidak ingin membeli lisensi resmi. Mereka akan memanfaatkan aplikasi KMSpico untuk mengaktifkan windows 10 miliknya.

Aplikasi KMSpico merupakan salah satu software activator ilegal yang cukup peraktis dalam proses aktivasi windows. Berikut cara melakukan aktivasi windows 10 secara offline menggunakan aplikasi KMSpico.

  • Unduh aplikasi KMSPico.
  • Matikan koneksi internet dan seluruh antivirus termasuk Windows Defender Security.
  • Buka folder untduhan dan jalankan aplikasi KMSPico dengan cara klik kanan “KMSELDI”, pilih “Run As Administrator”, Tekan tombol yang berwarna merah.
  • Secara otomatis KMSPico akan melakukan proses pemasangan Product Key dan jika proses telah selesai KMSPico akan langsung tertutup.
  • Untuk melihat keberhasilan proses aktivasi Windows 10, masuk ke menu “File Explorer”, klik kanan pada “This PC“, klik “Properties“.

Menggunakan KMSAuto Lite

Aplikasi KMSAuto Lite ini tidak jauh beda dengan aplikasi sebelumnya yaitu KMSpico, Namun jika dibandingkan dari cara menggunakannya, aplikasi KMSpico memiliki cara penggunaan yang lebih mudah.

Berikut cara mudah aktivasi windows 10 secara offline menggunakan aplikasi KMSAuto Lite.

  1. Unduh aplikasi KMSAuto Lite.
  2. Matikan koneksi internet dan seluruh antivirus termasuk Windows Defender Security.
  3. Buka folder unduhan dan jalankan aplikasi KMSAuto Lite. Pastikan menjalankan aplikasi sesuai dengan sistem Windows 10 yang digunakan baik 32 bit atau 64 bit kemudian klik kanan “Run Aa Administrator”.
  4. Apabila KMSAuto Lite telah terbuka, pilih “Install GVLK”, aktifkan “Forcibly”, tekan tombol “Windows Key”.
  5. Secara otomatis KMSAuto Lite akan mencari Product Key yang sesuai untuk sistem operasi kalian dan melakukan proses aktivasi.
  6. Setelah proses aktivasi selesai dan berhasil, tutup seluruh aplikasi yang masih terbuka dan lakukan restart pada komputer.

Kalian dapat mengulangi kedua cara diatas apabila suatu saat perangkat komputer kalian terdeteksi menggunakan product lisensi yang tidak resmi.

Demikian pembahasan kali ini semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kalian semua terutama pada pengetahuan proses aktivasi windows 10.

You May Also Like

About the Author: igoy12