Cara Aktivasi Windows 7

Cara Aktivasi Windows 7 – Walaupun Windows 7 ini telah dikeluarkan sekitar sepuluh tahun lalu, Sistem operasi ini tetap diminati oleh para penggunanya hingga sampai saat ini.

Hal tersebut karena tampilan windows 7 yang sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja selain itu juga Windows 7 ini memiliki cara aktivasi yang tergolong mudah jika dibandingkan dengan windows versi sebelumnya.

Terdapat beberapa cara aktivasi windows 7, di antaranya yaitu aktivasi menggunakan lisensi resmi, menggunakan Windows Loader, dan menggunakan perintah Command Prompt (CMD).

Aktivasi Windows 7

Saat pertama kali menginstall Windows 7, kalian akan diberikan masa waktu percobaan penggunaan dalam waktu 30 hari. Dalam kurun waktu tersebut, sistem operasi windows 7 dapat digunakan dengan lancar tanpa melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Namun apabila telah melewati masa waktu percobaan, proses aktivasi menggunakan serial key harus kalian lakukan. Jika tidak dilakukan, akan terdapat beberapa masalah saat menggunakan sistem operasi ini.

Beberapa masalah tersebut diantaranya yaitu :

  • Terdapat jendela Windows Activation yang selalu keluar secara terus menerus setiap komputer melakukan booting ( dihidupkan ).
    • Jendela Windows Activation tersebut akan muncul untuk memberitahukan pengguna bahwa sistem operasi yang saat ini sedang digunakan tidak orisinal dan harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.
    • Notifikasi ini akan hilang setelah kalian menekan pilihan “Ask me later”.
  • Tampilan laptop pada halaman dekstop akan berwarna hitam dan muncul tulisan “This copy of Windows is not genuine” di bagian bawah sebelah kanan.
    • Keadaan seperti ini akan terpasang secara otomatis walaupun kalian mengganti wallpaper dan background lain.

Setelah kalian mengetahui permasalahan jika windows tidak di aktivasi, Maka melakukan aktivasi sistem operasi Windows 7 merupakan proses yang cukup penting dalam penggunaannya.

Baca Juga : Cara Repair Windows 7 Tanpa Instal Ulang

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktivasi Windows 7.

Cara Mudah Aktivasi Windows 7

Untuk melakukan aktivasi win 7, kalian diharuskan untuk membeli product key license windows 7 terlebih dahulu.

Setelah berhasil melakukan pembelian, kalian akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail yang berisi serial number atau license key untuk sistem operasi kalian. 

Setelah mendapatkan serial number atau license key, kalian harus memasukkan nomor tersebut kedalam sistem operasi kalian. Caranya seperti berikut ini.

  1. Tekan menu Start pada bagian pojok kiri bawah desktop, kemudian klik kanan pada Computer, dan pilih Properties.
  2. Pada menu Properties, akan muncul pemberitahuan untuk mengaktifkan Windows 7.
  3. Tekan “Active Windows Now”.
  4. Setelah itu, masukkan product key atau serial key yang kalian dapat melalui e-mail.
  5. Klik Next dan tunggu hingga proses verifikasi selesai.
  6. Setelah selesai, maka akan muncul pemberitahuan “Active Success”.

Aktivasi Menggunakan Windows Loader

Cara aktivasi yang kedua yaitu menggunakan sebuah aplikasi windows loader, dengan cara ini kalian harus memiliki aplikasi Windows Loader terlebih dahulu.

Apabila kalian telah memiliki aplikasi windows loader, kalian dapat mengikuti langkah-langkah yang kami tulis di bawah ini.

  • Sebelum menggunakan aplikasi windows loader, matikan terlebih dahulu software antivirus atau aplikasi Windows Defender yang ada pada laptop.
  • Matikan koneksi internet, baik jaringan wifi ataupun jaringan LAN.
  • Matikan Windows Firewall dengan cara :
    • Klik Start – Control Panel – System and Security – Windows Firewall – Turn Windows Firewall On or Off, kemudian beri tanda centang pada Turn Off Windows Firewall.
  • Setelah semua sudah dimatikan, buka dan jalankan aplikasi Windows Loader sebagai administrator atau Run as Adminstrator.
  • Setelah aplikasi terbuka, secara otomatis akan tampil keterangan “The certified and serial were successfully installed”. tekan OK.
  • Restart laptop kalian, dan proses aktivasi windows 7 menggunakan aplikasi Windows Loader telah berhasil dilakukan.
  • Keberhasilan proses instalasi ini akan ditandai dengan munculnya tulisan GENUINE pada jendela Properties laptop.
  • Setelah berhasil, kalian dapat menyalakan kembali software antivirus, koneksi internet, dan Windows Firewall yang telah dimatikan sebelumnya.

Cara aktivasi Win 7 menggunakan Windows Loader ini dapat digunakan pada sistem operasi windows 7 Ultimate 64 bit, windows 7 Ultimate 32 bit, Windows 7 Professional 64 bit, Windows 7 Professional 32 bit.

Dengan metode seperti ini, Windows 7 kalian akan teraktivasi secara permanen, kecuali jika kalian melakukan instalasi ulang pada laptop dan sistem operasi kalian.

Aktivasi Windows 7 Menggunakan CMD

Cara selanjutnya yaitu cara yang sangat mudah dilakukan, hanya dengan menggunakan perintah Command Prompt, kalian dapat melakukan aktivasi windows 7.

Cara ini berbeda dengan cara aktivasi sebelumnya yang menggunakan sebuah aplikasi bernama Windows Loader dan mengharuskan untuk mematikan koneksi internet terlebih dahulu.

Dengan menggunakan cara ini, selain harus menghidupkan koneksi internet, kalian juga harus memiliki serial number atau product key terlebih dahulu

Jika persyaratannya telah kalian miki, silahkan ikuti panduan langkah-langkah berikut ini.

  • Klik menu Start – pilih Accessories – klik kanan Command Prompt – pilih “Run as Adminstrator”.
  • Ketika jendela Command Prompt telah terbuka, ketikkan kode berikut : “slmgr.vbs /ipk (product key)” kemudian enter.
  • Jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan bahwa proses aktivasi berhasil.
  • Setelah itu, ketikkan “slmgr.vbs /ato” kemudian enter.

Manfaat Aktivasi Windows 7

Melakukan aktivasi Windows 7 pada laptop, tidak hanya akan menghilangkan masalah-masalah yang dialami sebelum aktivasi saja, melainkan akan memberi keuntungan yang cukup banyak.

Beberapa manfaat setelah melakukan aktivasi win 7 antaranya adalah:

Menggunakan Windows Original

Sebelum sistem operasi windows 7 kalian diaktivasi, sistem operasi yang kalian gunakan akan hanya memiliki status original sementara.

Maka dari itu, jika kalian melakukan aktivasi pada sistem operasi, maka Windows 7 yang kalian gunakan secara otomatis akan berubah menjadi windows 7 original.

Hak Akses

Saat kalian belum melakukan aktivasi, Windows yang kalian gunakan selama selama masa percobaan tersebut dapat dikatakan sebagai Windows pinjaman saja.

Maksud dan tujuan windows melakukan hal tersebut, agar seluruh pengguna dapat menyesuaikan penggunaan sistem operasi sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Berakhirnya masa ‘pinjaman’ ditandai dengan munculnya tulisan “Activate Windows Now”.

Ketika masa trial ( percobaan ) telah habis, kalian memiliki dua pilihan, yaitu dengan mengganti sistem operasi yang lain, atau tetap menggunakan windows dengan membeli produk lisensi yang asli.

Akses Seluruh Fitur

Menggunakan Windows original, akan memberikan seluruh fitur fitur yang terdapat di dalamnya. Terkecuali fitur-fitur dasar seperti games dan Microsoft Office.

Fitur dasar tersebut dapat kalian gunakan kapan saja meskipun sistem operasi belum dilakukan aktivasi.

You May Also Like

About the Author: igoy12