Cara Aktivasi Windows 8

Mengetahui cara aktivasi Windows 8 adalah sesuatu yang penting untuk para pengguna sistem operasi tersebut. Walaupun saat ini terdapat sistem operasi windows terbaru yaitu Windows 10.

Namun meskipun begitu pasti diantara kalian masih ada yang merasa nyaman dalam menggunakan windows 8 ini. Karena selain tampilan yang menarik, Windows 8 juga memiliki kemampuan startup yang sangat cepat.

Ditambah lagi windows 8 ini juga memiliki versi 8.1 yang memiliki berbagai macam kelebihan. Windows 8.1 ini hadir dengan berbagai macam fitur yang lebih banyak jika dibandingkan dengan windows 8.

Kinerja sistem keamanan dan proses booting juga telah disempurnakan dari pada Windows sebelumnya. Selain itu dalam sistem operasi ini, kalian dapat menemukan fitur “Modern User Interface Multi-Touch”.

Untuk cara mengaktifkan seluruh fitur yang terdapat pada sistem operasi tersebut, kalian dapat menyimak pembahasan berikut ini.

Cara Aktivasi Windows 8 secara Offline

Agar windows 8 kalian dapat digunakan secara maksimal, kalian harus melakukan aktivasi Windows 8 terlebih dahulu baik secara offline ataupun secara online.

Aktivasi Windows 8 Menggunakan Aktivator

Untuk cara aktivasi windows 8 secara offline, kalian harus download activator terlebih dahulu. Software activator ini memiliki kapasitas ukuran yang sangat kecil, ukuran aplikasi ini tidak lebih dari 3 MB.

Silahkan kalian download aplikasi aktivator windows 8/8.1 dan pastikan aplikasi tersebut sesuai dengan jenis atau versi Windows 8 yang kalian gunakan.

Jika semuanya telah dipersiapkan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Matikan Antivirus dan Ekstrak Aktivator

Sebelum kalian mengekstrak aplikasi aktivator, pastikan terlebih dahulu untuk mematikan software antivirus yang ada pada laptop kalian.

Kemudian klik kanan pada file aktivator, pilih “Extract to…”, buka folder yang sudah di ekstrak tadi, temukan file aktivator yang memiliki format “.exe”.

  • File Aktivator

Kalian dapat memilih file aktivator yang telah tersedia sesuai keinginan kalian, baik 32 bit ataupun 64 bit. Untuk mengetahui pilihan “bit” pada Windows yang sedang kalian gunakan caranya dengan membuka menu “Setting”, pilih “PC Info”, pilih “System Type”.

  • Install Aktivator

Untuk memasang aplikasi aktivator tersebut, caranya klik kanan pada file yang memiliki format “.exe”, pilih “Run as administrator”.

Maka akan muncul sebuah pilihan bit sistem operasi, sesuaikan dengan perangkat yang kalian gunakan, setelah itu pilih “Install Activation“, klik “OK”.

Tunggu hingga proses aktivasi selesai. Setelah proses selesai, akan muncul kotak dialog yang meminta kalian untuk “sign out“, pilih “Ok” dan laptop akan me-restart secara otomatis.

  • Cek Aktivasi

Langkah yang terakhir yaitu mengecek apakah laptop kalian telah berhasil diaktivasi atau tidak. Caranya dengan memilih menu “Setting“, klik “PC Info”, “Windows Activation”.

Aktivasi Menggunakan KMSpico

Kalian juga dapat melakukan aktivasi Windows 8/8.1 dengan menggunakan aplikasi KMSpico. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi aktivator yang cukup terkenal dan sangat ampuh untuk mengaktifkan sistem operasi Microsoft, termasuk Windows 8/8.1.

Berikut cara mengaktivasi windows 8/8.1 menggunakan aplikasi KMSpico.

  • Matikan antivirus dan download KMSpico

Sama seperti cara sebelumnya, kalian harus mematikan aplikasi antivirus yang ada pada komputer terlebih dahulu. Kemudian download aplikasi KMSpico.

  • Jalankan KMSpico

Setelah aplikasi berhasil di download, buka software tersebut dengan cara klik kanan pada filenya dan pilih “Run as administrator”.

  • Proses Aktivasi

Setelah membuka aplikasi KMSpico, selanjutnya kalian hanya perlu menunggu proses aktivasi secara otomatis. Jika proses aktivasi telah selesai, akan ada pemberitahuan bahwa Windows berhasil diaktivasi.

  • Cek Aktivasi

Langkah yang terakhir yaitu mengecek apakah windows 8/8.1 kalian telah teraktivasi atau belum. Caranya dengan membuka aplikasi CMD (Command Prompt).

Pada kolom CMD ketik “slmgr/xpr” kemudian tekan enter. Tunggu hingga beberapa saat maka akan ada pemberitahuan bahwa windows kalian telah aktif.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 7

Aktivasi Menggunakan Perintah CMD

Walaupun cara seperti ini lebih sulit jika dibandingkan dengan cara sebelumnya, kalian tetap dapat mencobanya atau mengetahuinya sebagai tambahan pengetahuan.

  • Product Key

Langkah yang pertama kalian harus menyiapkan terlebih dahulu sebuah Product Key Windows 8. Kalian dapat memiliki product key ini dengan cara membelinya pada website-website terpercaya.

  • Atur lokasi dan waktu terlebih dahulu

Kemudian, atur waktu dan lokasi pada laptop kalian terlebih dahulu. Caranya masuk menu “Control Panel”, pilih “Clock, Language, dan Region”.

Pastikan juga “Home Location” ke “Indonesia”, “Time Zone” ke “UTC+07:00” dan “wilayah” ke “Jakarta, Hanoi, dan Bangkok”.

  • Input Key Number

Buka dan jalankan aplikasi CMD, dan memasukkan kode Product Key yang telah kalian miliki sebelumnya secara berurutan seperti berikut ini.

slmgr/ipk (PRODUCT KEY)
slmgr/skms (SERVER)
slmgr.vbs/ato
slmgr/ckms

Ganti (PRODUCT KEY) dengan product key yang telah kalian miliki sebelumnya.

Ganti (SERVER) dengan salah satu server berikut ini:

  1. lunar21.no-ip.org:168
  2. 85.139.164.203.1688
  3. walkercorps.zapto.org:1688
  4. jkbiz1.no-ip.org:1688
  5. kms.cc.columbia.edu:1688
  6. fourderltaone.net:1688
  • Cek Aktivasi

Jika semua proses di atas telah dilakukan langkah yang terakhir yaitu mengecek apakah proses aktivasi telah berhasil atau belum.

Caranya ketik “slmgr/xpr” kemudian tekan enter, tunggu hingga beberapa saat maka akan ada pemberitahuan bahwa windows kalian telah aktif.

Aktivasi Menggunakan Microsoft Toolkit

Cara yang terakhir yaitu aktivasi Windows 8 menggunakan Microsoft Toolkit. Kalian dapat mendownload aplikasi Microsoft Toolkit terlebih dahulu dan ikuti petunjuk berikut ini.

  • Jalankan Microsoft Toolkit

Buka atau jalankan aplikasi Microsoft Toolkit, kemudian pilih “Product Keys” dan sesuaikan jenis Windows yang kalian gunakan, klik “Install” pada bagian “Key functions”.

  • Proses Aktivasi

Kemudian pilih tab “Activation”, klik “EZ Activator” tunggu hingga proses selesai, jika proses telah selesai akan muncul tulisan “Product activation successful”.

  • Cek Status Aktivasi

Langkah yang terakhir yaitu mengecek apakah laptop kalian telah berhasil diaktivasi atau tidak. Caranya dengan memilih menu “Setting“, klik “PC Info”, “Windows Activation”.

Rate this post

You May Also Like

About the Author: igoy12