Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Cara membuat daftar isi otomatis – Daftar isi adalah salah satu halaman yang memberikan petunjuk dasar dari keseluruhan isi buku yang disertai dengan nomor halaman.

Daftar isi dapat diartikan juga sebagai halaman yang mencantumkan isi utama suatu dokumen. Daftar isi bagaikan peta dari isi buku yang akan Anda baca.

Dalam tutorial ini, kami akan menerangkan cara membuat daftar isi otomatis menggunakan Microsoft Word dengan mudah. Sehingga kalian tidak perlu bingung untuk merapihkan daftar isi.

Sebelum kalian membuat daftar isi menggunakan Microsoft Word, Kalian harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen yang akan Anda buat daftar isinya.

Dan bahkan sebelum membuat daftar isi, Anda harus memberikan terlebih dahulu penomoran halaman, baik halaman kata pengantar, pendahuluan, dan daftar isi tersebut.

Pada halaman tersebut penomoran menggunakan angka romawi, kecuali penomoran halaman untuk setiap bab-bab, baik dari bab pertama hingga bab terakhir. Penomoran pada setiap bab menggunakan angka numerik.

Cara Membuat Daftar Isi Pada MicrosoftWord

1. Membuat Heading dan Sub Heading

Hal pertama yang harus kalian perhatikan dalam membuat daftar isi otomatis menggunakan Microsoft Word adalah mengatur dan menentukan Heading dan sub heading pada setiap judul.

Cara seperti ini dapat kalian gunakan pada saat tugas yang kalian miliki terdapat banyak judul dan sub judul.

cara membuat heading dan sub heading

a. Blok bagian pada judul atau pada setiap sub judul yang akan dibuat daftar isinya.

b. Atur judul agar menjadi heading dengan menggunakan fitur Style.

c. Gunakan fitur heading 1 untuk judul utama dan gunakan heading 2 untuk sub judul. Gunakan cara seperti ini hingga halaman terakhir.

2. Membuat daftar isi

Setelah kalian membuat dan menentukan judul menggunakan Heading, langkah berikutnya adalah membuat daftar isi. Berikut ini adalah cara membuat daftar isi secara otomatis dengan baik dan benar.

a. Tekan menu References pada bagian atas menu Home.

b. Setelah itu pilih menu – Table of Contents.

c. Disini kalian dapat menentukan untuk membuat daftar isi secara otomatis atau secara manual.

d. Pilihan yang pertama dan kedua yaitu pilihan Tabel Otomatis 1 dan Tabel Otomatis 2.

e. Kalian dapat menambahkan dan mengubah rincian tabel dengan cara meng-klik langsung pada bagian daftar isi. Kemudian pilih Update Table pada bagian pojok kiri atas.

f. Pilihan yang ketiga yaitu membuat daftar isi menggunakan Tabel Manual. Di bagian ini kalian tidak perlu mengatur Heading seperti penjelasan sebelumnya.

g. Apabila terdapat perubahan pada daftar isi tipe manual ini, kalian perlu memperbarui daftar isi kembali dengan cara meng-klik bagian daftar isi tersebut, kemudian ketik yang kalian butuhkan.

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual Pada MicrosoftWord

Selain dapat membuat daftar isi secara otomatis, kalian juga dapat membuat daftar isi secara manual. Cara seperti ini biasanya digunakan jika dokumen yang kalian miliki hanya terdapat judul dan sub judul yang sedikit.

Berikut ini langkah-langkahnya untuk membuat daftar isi secara manual :

Mengatur Right Tab

a. Langkah yang pertama saat membuat daftar isi secara manual yaitu mengatur right tab terlebih dahulu. Jika ikon right tab tidak ada pada menu tab, kalian dapat menemukannya dengan cara menampilkan Ruler pada tab View.

b. Setelah Ruler tampil, ikon right tab akan muncul pada bagian pojok kiri atas ( di bawah ikon Paste). Tekan ikon tersebut hingga Right Tab aktif.

c. Kemudian kalian dapat mengatur posisi Right Tab melalui ruler yang telah ditampilkan sebelumnya ( pada bagian atas dokumen) . Dengan menggunakan fitur tersebut, kalian dapat memasukkan nomor halaman dengan rapih.

d. Langkah selanjutnya yaitu, double click di pojok kiri atas pada bagian Tab, atur untuk menentukan batas titik-titik dari daftar isi yang kalian buat.

e. Dan langkah terakhir yaitu membuat sekali lagi seperti di atas untuk letak penomoran daftar isi.

You May Also Like

About the Author: igoy12