Cara Mempercepat Jaringan WiFi

Cara Mempercepat Jaringan WiFi – Dengan adanya perkembangan teknologi, manusia saat ini telah berhasil menemukan teknologi-teknologi yang bermanfaat untuk menunjang kehidupan dan aktivitas sehari-hari.

Telah banyak inovasi teknologi yang kini hadir di masyarakat. Itu dibuat hanya untuk mempermudah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hampir setiap orang   bergantung pada teknologi. Kehadiran teknologi juga berdampak besar pada kehidupan. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari adalah internet.

Internet merupakan jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media elektronik lainnya. Untuk memiliki jaringan internet, seseorang membutuhkan perangkat elektronik yang dapat bertukar data atau gelombang radio secara nirkabel yang disebut dengan Wi-Fi.

Terdapat berbagai macam perangkat teknologi yang bisa menggunakan WiFi, diantaranya smartphone, laptop/PC , tablet, dan pemutar audio digital. Perangkat teknologi ini dapat terhubung ke sumber jaringan internet melalui jaringan nirkabel.

Namun, tidak jarang jaringan Wi-Fi ini mengalami masalah atau koneksinya yang lambat. Ini dikarenakan berbagai faktor, seperti gangguan radio, konfigurasi router, dan masalah teknis lainnya.

Untuk membantu menjaga produktivitas dengan internet lancar, simak cara dan langkah selengkapnya berikut ini.

Cara Mempercepat Jaringan WiFi Pada Android

Mempercepat Jaringan WiFi Menggunakan Aplikasi penguat sinyal

Cara yang paling mudah agar dapat memperkuat jarigan koneksi WiFi pada handphone yaitu dengan memanfaatkan aplikasi penguat sinyal.

Kalian bisa mencarinya di App Store  atau Play Store pada handphone kalian. Salah satu salah satu aplikasi yang kalian gunakan adalah WiFi Booster atau Analyzer. 

Ada beberapa fitur yang bisa kalian coba. Salah satunya tombol Boost untuk meningkatkan sinyal WiFi. Sehingga kalian akan mendapatkan koneksi  WiFi yang lebih cepat dibandingkan dengan orang lain. 

Jangan menggunakan Case yang terbuat dari logam

Dalam banyak kasus, case handphone yang kalian gunakan membuat sinyal WiFi  menjadi lebih buruk. Apalagi jika case tersebut terbuat dari logam. Untuk mengetahui apakah ini terjadi pada  handphone kalian atau tidak, kalian dapat menjalankan speed test.

Pertama, coba tes saat kalian menggunakan case. Kemudian, jalankan tes kembali tetapi tanpa menggunakan case handphone. Jika hasil speed test kedua lebih baik dibandingkan dengan yang pertama, kalian sebaiknya melepas case tersebut.

Baca Juga : Mengatasi Wi-Fi Limited Access

Mengupdate radio atau firmware

Jika koneksi WiFi di handphone kalian sangat buruk, firmware yang ketinggalan zaman bisa menjadi salah satu alasannya. 

Firmware  adalah software yang melakukan berbagai proses rutin di Read Only Memory (ROM). Kalian bisa melakukan update melalui Settings > About Phone > System/Software Update.

Setting handphone untuk menghindari koneksi yang buruk

Kalian dapat mengatur supaya handphone kalian terhindar dari jaringan WiFi yang buruk. Dengan begitu kalian hanya memiliki daftar koneksi dengan kualitas yang baik.

Kalian dapat melakukannya dengan cara, buka menu “Settings“, pilih “WiFi“, kemudian “Advanced Setings“.

Mengubah Frekuensi Untuk Mempercepat Jaringan WiFi

Pada dasarnya smartphone tipe lama telah menggunakan cangkupan sinyal frekuensi 2.4 GHz. Akan tetapi sudah terlalu banyak orang yang menggunakannya sehingga kadang terjadi gangguan.

Oleh karena itu, ubah frekuensi kalian menjadi 5 GHz dengan cara masuk pada menu “Settings“, pilih “WiFi“, “Advanced Settings“, kemudian pilih “WiFi Frequency Band“.

Pindahkan router ke tempat yang tepat

Apabila kalian mempunyai jaringan WiFi dengan sinyal yang lemah, maka kalian dapat memindahkan posisi router pada tempat yang tepat. karena Router memiliki cangkupan sinyal yang sangat terbatas. 

Misalnya jika terhalang tembok, kalian tidak akan mendapatkan sinyal yang kuat. Oleh karena itu kalian harus menempatkannya di area yang dekat. Jika kesulitan mencari spot yang bagus, coba gunakan aplikasi WiFi FDTD Solver.

Jangan sampai orang lain menggunakan WiFi-mu

Jika kalian merasa ada penurunan kualitas dan kecepatan WiFi di rumah, ada kemungkinan orang lain menggunakannya. Oleh karena itu, gunakan password yang rumit agar sulit untuk dibobol.

Cara lain untuk mencegah hal ini adalah dengan mengaktifkan Broadcast SSIB di pengaturan WiFi. dengan begitu, orang lain tidak akan bisa menemukannya. 

Nah dengan mengikuti cara-cara memperkuat sinyal WiFi  handphone di atas, kalian tidak perlu lagi khawatir akan WiFi yang lambat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya

Cara Mempercepat Jaringan WiFi Pada Komputer

Untuk mempercepat koneksi wifi, kalian dapat melakukan cara yang sangat mudah dan menggunakan perangkat sebagai alat pendukungnya, atau kalian dapat melakukan mengatur pada komputer yang kalian gunakan.

Berikut langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk memperlancar koneksi internet.

Network Reset & Flushing DNS

Langkah ini digunakan agar mengatur ulang “cache DNS client” yang sedang digunakan untuk menyelaraskan sebuah informasi yang dirubah pada suatu domain, nama server, atau DNS baru.

Kalian dapat melakukannya, agar dapat mengatasi masalah pada koneksi internet yang kurang stabil.

Berikut langkah-langkah me-reset network dan cara flushing DNS.

  • Buka aplikasi “Command Prompt” dengan cara klik kanan dan pilih “Run As Administrator”.
  • Ketikkan “ipconfig / flushdns
  • Kemudian setelah selesai, ketik “ipconfig /renew“, lalu Enter.
  • Setelah itu tutuplah aplikasi “Command Prompt” dan kalian dapat langsung mengakses internet.
cmd ip config

Memilih Tempat dengan Sinyal WiFi yang Kuat

Salah satu cara yang sangat penting untuk dapat mempercepat koneksi WiFi yaitu dengan memastikan perangkat kalian mendapatkan kekuatan sinyal internet.

Kalian juga harus memperhatikan hal-hal berikut agar sinyal yang didapatkan menjadi lebih baik.

  • Letakkan router pada tempat yang tidak terhalang oleh tembok.
  • Kalian bisa menggunakan sebuah repeater, yaitu alat yang berfungsi untuk menangkap sinyal dan memancarkan sinyal wifi kembali, agar dapat mempercepat jaringan koneksi WiFi.
  • Jauhi perangkat-perangkat yang terdapat koneksi Bluetooth baik dari router ataupun dari perangkat komputer, karena sinyal tersebut dapat mempengaruhi kekuatan sinyal Wi-Fi.

Pengaturan QoS Untuk Mempercepat Jaringan WiFi

Untuk kalian yang menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi windows, secara default windows memberikan 20% bandwidth untuk Windows Update dan 80% bandwidth untuk layanan internet.

Sehingga untuk mempercepat koneksi WiFi, kalian dapat merubah ukuran bandwidth tersebut pada perangkat kalian.

Cara merubah ukuran bandwidth:

  • Klik menu “Start”, pilih “Run”, ketik “gpedit.msc”
  • Kemudian klik “Local Computer Policy”, pilih “Computer Configuration”, dan “Administrative Templates”
  • Pada tab “Network”, pilih “QoS Packet Scheduler”
  • Klik dua kali pada “Limit Reservable Bandwidth”
  • Setelah itu klik menu “Enable“, pada “bandwidth limit” isi dengan angka “0”.
  • Klik “Apply” dan Restart komputer.

Baca Juga : Aplikasi Browser Terbaik Untuk Android

Mengatur IRP Stack Size

Cara meningkatkan jaringan koneksi WiFi selanjutnya adalah mengatur IRPStackSize dengan nilai yang lebih tinggi. Jika kalian meningkatkan nilai tersebut, maka kalian bisa mendapatkan kecepatan koneksi internet yang lebih maksimal.

Nilai dari IRPStackSize ini pada umumnya yaitu 15 dan kalian dapat menambahkannya hingga mencapai nilai 50. Untuk itu, kalian harus mengganti pengaturan tersebut, caranya sebagai berikut:

  • Klik menu “Start”, “Run”, kemudian ketik “regedit” untuk membuka File Registry Editor.
menu run regedit
  • Klik “KEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters”.
  • Pada folder tersebut, klik kanan pada file “DWORD” dengan nama “IRPStackSize”, setelah itu klik “Modify”, dan rubah value menjadi angka “50”.
  • Apabila kalian tidak menemukan file tersebut, buatlah file “DWORD” baru dengan cara klik kanan “New”, “DWORD Value” dan rubah valuenya menjadi “50”.
  • Klik “OK”, dan tutup menu registry editor.
  • Setelah itu lakukan Restart pada komputer.

Pilih Kanal Terendah

Salah satu masalah yang sering di temukan koneksi WiFi yang melambat yaitu kesalahan saat memilih “kanal”, karena sinyal Wi-Fi bekerja pada kanal di ruang terbuka.

Apabila pada suatu kanal terdapat sinyal yang berjalan, maka sinyal tersebut akan tumpang tindih dan mengganggu sinyal-sinyal yang lainnya. Akibatnya akan terjadi loss data dan sinyal harus di broadcast ulang, hal ini akan menurunkan kecepatan internet.

Mempercepat Jaringan WiFi Dengan Analisis WiFi

Untuk melihat kanal dengan penggunaan terbanyak, kalian dapat menggunakan alat penganalisis jaringan wifi, seperti aplikasi free inSSIDer utility. Kemudian kalian dapat langsung melakukan pengaturan pada router tersebut.

Posisi Antena Router

Posisi antena pada router dapat menentukan kecepatan koneksi jaringan internet. oleh karena itu, pastikan antena pada router dalam keadaan tegak lurus tanpa terhalang sesuatu.

Karena pada posisi tersebut, router akan bekerja lebih secara baik saat memancarkan sinyal internet ke perangkat-perangkat yang sedang digunakan.

Kecepatan Internet

Saat koneksi internet WiFi kalian tidak stabil, kalian harus mengetahui permasalahannya dengan cara cek kecepatan koneksi internet Wi-Fi kalian.

Apabila kalian mendapatkan koneksi internet internet yang tidak stabil, namun tidak menemukan masalah sama sekali pada rotuer, kemungkinan permasalahan terdapat pada server.

Kekuatan Sinyal WiFi

Selain kecepatan internet, kalian juga dapat memerikasa seberapa kuat sinyal yang dipancarkan oleh router WiFi, kalian dapat memeriksanya menggunakan aplikasi pengecek kekuatan sinyal wifi.

Pastikan sinyal Wi-Fi berada pada nilai -60 dBm (decibel-milliwatts) hingga lebih dari -50 decibel-milliwatts (dBm). Apabila kekuatan sinyal berada di bawah -70 decibel-milliwatts (dBm), maka sinyal tidak dapat memberikan koneksi dengan baik.

Gunakan Router Berkualitas

Apabila seluruh cara di atas telah kalian terapkan tetapi masih gagal, kemungkinan terbesar permasalahannya berada pada perangkat router.

Kemungkinan yang terjadi juga karena usia router sudah terlalu usang atau performa router yang menurun karena perangkat telah rusak.

Oleh karena itu, kalian harus memastikan router tersebut memiliki kualitas yang baik. Atau kalian dapat mengeluarkan sedikit biaya untuk mendapatkan perangkat router yang baru.

Itulah beberapa cara mempercepat jaringan WiFi yang dapat kalian terapkan dengan mudah, kalian juga bisa praktikkan semuanya agar koneksi internet menjadi lebih cepat dan meningkatkan produktivitas.

You May Also Like

About the Author: igoy12