Cara Menghapus Virus Android

Cara Menghapus Virus Android – Terdapat beberapa faktor android dapat terserang oleh virus, salah satunya adalah faktor penggunaan internet. Karena tidak sedikit file yang ada di internet telah terjangkit oleh virus.

Ketika virus telah masuk ke perangkat android kalian, maka performa android yang kalian gunakan akan menurun. Selain itu android juga akan sering mengalami blank atau bahkan android bisa bootlop.

Namun sebelum hal itu terjadi, kalian dapat melakukan beberapa cara untuk menghapus virus di android. Tapi sebaiknya kalian kenali terlebih dahulu tentang jenis-jenis virus android berikut ini.

Jenis-Jenis Virus Android

Walaupun pada perangkat android telah terdapat fitur pengamanan, terdapat jenis virus Android yang dapat selalu menyerang sistem. Oleh sebab itu, kalian harus berwaspada pada setiap jenis virus.

Pastikan android yang kalian gunakan tidak memasang aplikasi sembarangan atau mengunduh file-file asing karena itu merupakan awal android terserang oleh virus.

virus android

Berikut jenis-jenis virus berbahaya yang dapat menyerang dan merusak perangkat android.

Obad

Obad adalah sebuah aplikasi yang dapat mempengaruhi kinerja android bahkan dapat mengakibatkan android menjadi hang dan bootlop. Virus ini juga sering disebut dengan nama “Backdoor.AndroidOS.Obad.a“.

Jenis virus ini masuk kedalam perangkat android melalui proses pengunduhan aplikasi atau melalui link-link yang terdapat pada internet.

Shedun

Shedun merupakan jenis virus android yang dapat menyerang sistem firmware android. Virus ini termasuk kedalam jenis virus malware yang dibuat di Tiongkok untuk smarphone android dan prangkat tablet.

Shedun dapat merubah hak administrator pada sistem android sehingga perangkat kalian akan terlihat seperti perangkat yang telah di rooting dan akan memasukkan beberapa iklan pada perangkat kalian.

Shedun biasanya dikemas melalui aplikasi-aplikasi ilegal dan situs-situs unduhan aplikasi pihak ketiga. Biasanya aplikasi yang terdapat virus shedun ini berupa aplikasi kloningan seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, Candy Crush, Snapchat dan Google Now.

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Android

Virus Joker

Virus ini merupakan jenis virus terbaru yang dapat mencuri uang dengan cara berlangganan aplikasi premium tanpa diketahui oleh penggunanya.

Bahkan virus ini juga dapat masuk kedalam android ketika pengguna meng-klik sebuah iklan. Ketika pengguna menekan iklan tersebut, secara otomatis virus akan mengakses sebuah pesan teks dan mencuri daftar kontak yang ada.

Virus ini mengincar seluruh bagian negara, dan Indonesia termasuk kedalam salah satu incaran dari virus joker ini melalui aplikasi seperti Age Face, Mini Camera, Rapid Face Scanner, App Lock, dan Great VPN.

Filecoder

Virus Filecoder termasuk kedalam jenis virus ransomware yang dapat menyerang android melalui pesan singkat. Jenis virus ransomware ini dapat mengunci sistem operasi firmware yang kalian gunakan.

Filecoder juga dapat menginfeksi Android kalian melalui aplikasi-aplikasi terterntu. Ketika salah satu aplikasi telah terinfeksi oleh virus ini, ia akan mengambil dan mengakses seluruh kontak yang terdapat pada android kalian.

Filecoder juga biasanya memikat para korbannya melalui konten-konten berbahaya dalam tautan bit.ly. Apabila tautan tersebut diklik, maka secara otomatis sistem operasi akan terserang virus.

Jadi, berhati-hatilah ketika kalian sedang menggunakan internet terutama ketika membuka tautan yang mencurigakan.

Hummingbad

Virus Hummingbad ini dapat mencuri seluruh informasi para pengguna android dan mengunduh aplikasi-aplikasi lain tanpa izin.

Biasanya virus ini menyerang perangkat kalian ketika mengunduh sesuatu pada situs web yang mencurigakan. Virus ini hanya dapat dihilangkan dengan mengembalikan android kalian ke pengaturan pabrik.

Namun, apabila virus ini sudah menjangkit cukup dalam dalam pada perangkat, kalian hanya bisa menghilangkannya dengan melakukan root android.

Gooligan

Virus Android yang cukup berbahaya lainnya yaitu virus Gooligan. Gooligan dianggap cukup berbahaya pada android karena virus ini akan mengambil data-data akun Google.

Ketika android kalian sudah terinfeksi, gooligan akan mengakses akun gmail, foto google, google drive, google documents, google play, dan aplikasi google lainnya.

FinSpy

FinSpy dapat menyerang sistem operasi Android dan iOS, jenis virus malware ini akan menguasai kontrol hak akses untuk penyerang data pada perangkat yang terinfeksi.

Virus finSpy dapat mengakses seluruh data secara lengkap berkaitan tentang informasi dari pengguna android tersebut, termasuk kontak, history panggilan, pesan teks, kalender, dan lain sebagainya.

Virus ini juga dapat merekam panggilan suara dan dapat memantau aktivitas komunikasi lain seperti whatsapp, telegram, line, dan aplikasi jejaring sosial lainnya.

Tanda-Tanda smartphone Android Terkena Virus


Sebelum membahas cara menghilangkan virus di android, sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu tanda-tanda android yang telah terkena virus. Berikut tanda smartphone yang terkena virus.

  • Selalu muncul iklan atau pop-up yang tidak jelas.
  • Menerima atau mengirim SMS yang aneh.
  • Baterai android menjadi lebih boros dari biasanya.
  • Android menjadi lemot, padahal aplikasi yang digunakan hanya sedikit dan kapasitas RAM masih banyak.
  • Kuota cepat habis.
  • Proses dan waktu booting terasa lebih lama dari pada biasanya.

Baca Juga : Penyebab Android Lemot Dan Cara Mengatasinya

Cara Mencegah Virus Pada Android

mencegah virus android

Jika kalian khawatir akan terinfeksi virus-virus seperti diatas, kalian dapat melakukan pencegahan-pencegahan seperti berikut ini.

  • Lakukan scanning virus secara berkala.
  • Jangan sembarangan memberikan izin akses pada aplikasi.
  • Perhatikan pengembang aplikasi, dan baca review aplikasinya terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi.

Cara Menghapus Virus di Android

Virus dapat menyerang smartphone android ketika sedang mengakses situs atau link yang terdapat di internet. Selain itu, virus juga bisa masuk ke dalam sistem android melalui perangkat lain yang pernah terhubung dengan smartphone kita.

Jika android kalian telah terkena salah satu dari virus di atas, kalian dapat menghapusnya dengan cara-cara berikut ini.

Menggunakan Aplikasi

Terdapat banyak sekali aplikasi anti virus yang tersedia di PlayStore. Kalian dapat langsung menginstal dan menggunakannya untuk menghapus virus pada android.

Beberapa aplikasi antivirus yang cukup ampuh untuk menghapus virus antara lain adalah.

Avast Mobile Security

Cara Menghapus Virus di android yang pertama yaitu dengan menggunakan avast mobile security, karena dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang cukup lengkap seperti, RAM cleaner, cache cleaner, lock application, pemantau pengisian baterai dan pemantau penggunaan internet.

Untuk menggunakan dan menghapus virus dengan aplikasi Avast, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Unduh dan instal aplikasi “Avast Mobile Security” pada android kalian.
  • Untuk masuk kehalaman utama aplikasi, buka aplikasi avast dan tekan tombol “Get Started“.
  • Pada halaman utama tekan tombol “Scan“. Pada proses ini, avast akan memindai seluruh file dan data yang terdapat pada perangkat android kalian.
  • Ketika proses selesai, avast akan menunjukan berbagai masalah yang terdapat pada android. Tekan tombol “Resolve” untuk memperbaiki masalah tersebut.

Kaspersky Mobile Antivirus

Cara menghapus virus di android selanjutnya yaitu dengan menggunakan Kaspersky Mobile Antivirus, keunggulan dan kegunaan aplikasi ini hampir sama seperti aplikasi avast.

Namun yang membuat Kaspersky Mobile Antivirus ini berbeda adalah aplikasi ini terdapat fitur-fitur canggih seperti virus scaner, virus protection, lock application dan fitur pelacakan.

Selain itu aplikasi ini juga sangat ampuh untuk menghapus virus-virus berbahaya pada android.

Untuk cara menggunakannya hampir sama dengan menggunakan aplikasi avast, kalian hanya perlu masuk ke menu Anti-Virus kemudian tekan tombol “Scan”.

Google Play Protect

Sebenarnya cara untuk menghapus iklan yang tampil pada android adalah dengan meng-uninstall aplikasi.

Tetapi cara seperti ini hanya dapat dipakai untuk menghapus iklan pada aplikasi saja bukan untuk menghapus virus iklan atau yang disebut dengan virus adware.

Cara menghapus virus di Android yang paling mudah adalah dengan hanya menggunakan aplikasi bawaan hp saja yaitu aplikasi “Google Play Protect”.

Google Play Protect merupakan sistem perlindungan ganda yang disediakan oleh Google dan sudah tersedia pada seluruh perangkat Android.

Sistem kerja dari aplikasi ini hampir sama seperti aplikasi antivirus, dengan melakukan proses scaning terhadap aplikasi lain, Google Play Protect dapat menghilangkan virus yang ada pada smartphone.

Setiap kalian akan memasang aplikasi google akan melakukan scaning pada aplikasi yang akan di install untuk memastikan tidak ada virus yang disematkan pada aplikasi tersebut.

Bahkan dengan menggunakan google play protect, aplikasi yang telah diproteksi pun dapat dilakukan proses scaning.

Berikut ini cara untuk menghilangkan virus adware ( virus iklan ) di HP Android menggunakan Google Play Protect.

  • Buka menu “Google Play Store” yang terdapat pada perangkat kalian.
  • Kemudian pilih menu “Options” atau tombol dengan tanda garis tiga.
  • Selanjutnya cari opsi “Play Protect” pada bagian bawah, dan kalian akan menemukan beberapa pilihan terkait perlindungan perangkat android.
  • Setelah itu aktifkan opsi “Scan device for security threats” dan “Improve harmful app detection“.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Dark Mode Di Android

Tanpa Menggunakan Aplikasi

Terdapat cara lain yang bisa kalian gunakan untuk menghapus virus pada smartphone android. Cara berikut ini merupakan cara menghapus virus di android tanpa menggunakan aplikasi.

Masuk Safe Mode

safe mode android

Cara menghilangkan virus Android tanpa menggunakan aplikasi yang pertama adalah dengan masuk ke menu safe mode.

Apabila kalian masuk ke dalam menu safe mode, berarti kalian hanya dapat mengoperasikan aplikasi bawaan dari sistem android saja sehingga penggunaan dan kinerja smartphone menjadi lebih ringan.

Namun ketika kalian sedang berada pada safe mode, seluruh aplikasi yang telah kalian install tidak akan ditampilkan. Keuntungan menggunakan safe mode adalah kalian dapat berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lain tanpa ada hambatan sedikitpun.

Tidak hanya itu saja, kalian juga dapat dengan mudah menghapus data-data tidak penting seperti cache. Kalian dapat memanfaatkan cara seperti ini untuk menghapus virus yang terdapat pada perangkat kalian.

Cara untuk masuk ke menu safe mode berbeda-beda tergantung dengan jenis perangkat smartphone yang kalian gunakan.

Namun pada umumnya untuk masuk menu safe mode ini dengan cara menekan tombol power dan volume secara bersamaan ketika perangkat melakukan proses booting.

Cek Aplikasi

Setelah kalian masuk menu safe mode, langkah selanjutnya yaitu dengan memeriksa aplikasi yang terpasang dengan cara pilih menu “Setting“, “Apps“, kemudian pilih “Downloaded” pada menu tab.

Selanjutnya sistem akan menampilkan aplikasi pihak ketiga saja, namun karena virus telah masuk ke dalam sistem android, maka virus tersebut dapat memanipulasi sistem agar seolah olah terlihat seperti aplikasi pihak ketiga.

Apabila pada proses ini terdapat aplikasi yang tidak pernah kalian install sebelumnya namun ditampilkan pada menu ini, maka kemungkinan besar perangkat android telah terserang virus.

Menghapus Aplikasi

Setelah kalian menemukan aplikasi yang mencurigakan, maka lebih baik kalian menghapus aplikasi tersebut dengan cara pilih aplikasi tersebut dan tekan tombol “uninstall”.

Namun jika aplikasi tersebut tidak dapat di hapus pada perangkat kalian, itu berarti virus tersebut telah masuk ke sistem dengan hak akses administrator.

Tetapi jika aplikasi tersebut dapat dihapus, maka dapat dipastikan virus yang berada pada perangkat kalian juga telah terhapus.

Hapus Hak Akses Administrator Pada Aplikasi

Jika kalian telah menemukan aplikasi yang mencurigakan namun tidak dapat dilakukan penghapusan maka langkah selanjutnya yaitu dengan menghapus hak Akses Administrator terlebih dahulu pada aplikasi tersebut.

Cara untuk menghapus hak akses pada aplikasi yang terkena virus yaitu pertama keluar terlebih dahulu dari menu “Application Settings“, kemudian pilih “Settings“, menu “Security“, dan selanjutnya pilih “Device Administrator“.

Pada menu ini kalian dapat langsung menghapus hak akses aplikasi asing tersebut, dan selanjutnya lakukan penghapusan aplikasi seperti langkah sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: igoy12