Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android – Ketika sedang asik bermain game, tiba-tiba android mengalami low bat, hal seperti ini pasti akan membuat kesal karena harus melakukan isi ulang baterai dan menghentikan permainan.

Permasalahan yang sering dihadapi oleh para pengguna android adalah penggunaan baterai yang sangat boros dan perangkat yang lebih cepat panas.

Yang harus kalian ingat saat menggunakan android adalah jangan melakukan charging handphone sambil bermain game, video call dan aktivitas lainnya.

Karena saat ini smartphone merupakan salah satu alat terpenting yang hampir semua orang miliki, kalian harus memaksimalkan penggunaan android terutama pada penggunaan baterai.

Untuk itu kami telah merangkum cara menghemat baterai Android yang perlu kalian ketahui agar baterai HP yang digunakan bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Baca Juga : Cara Menghapus Virus Android

Kapasitas Baterai Android

Saat ini kapasitas baterai yang ada pada android berkisar antara 3000 mAh hingga yang paling besar yaitu 6000 mAh.

Fungsi baterai adalah sebagai sumber tenaga untuk mengoperasikan komponen-komponen smartphone.

Sehingga besar daya baterai dan ketahanan baterai akan menjadi pertimbangan penting bagi konsumen yang akan menggunakan smartphone android.

Namun, meskipun kalian telah menggunakan baterai dengan kapasitas yang besar, itu tidak menjamin baterai akan tahan dalam waktu yang lama.

Hal seperti ini disebabkan oleh jumlah core dan teknologi dari perangkat yang berbeda-beda. Jadi, untuk menghemat baterai android kalian tidak bisa hanya dengan mengukur kapasitas baterai saja.

battery capacity

Baterai pada HP Android juga dapat mengalami penurunan performa bahkan dapat mengalami kebocoran seperti baterai pada umumnya.

Masalah seperti ini pasti akan mengganggu penggunaan HP, karena baterai akan lebih cepat habis walaupun dayanya sudah terisi penuh.

Berikut ini adalah cara untuk menghemat baterai Android agar android tidak cepat panas dan boros, sehingga aktivitas saat menggunakan hp menjadi lebih nyaman dan lebih maksimal.

Cara Menghemat Baterai Pada Android

Kurangi Penggunaan Widget

Fungsi dari widget adalah untuk memudahkan penggunanya dalam mengaktifkan fitur aplikasi secara cepat, penggunaan widget juga dapat menguras kapasitas baterai terutama pada aplikasi yang terhubung dengan internet.

widget android

Beberapa contoh aplikasi widget yang dapat menguras daya baterai adalah widget media sosial, cuaca, gmail. Jadi kalian dapat menghapus penggunaan widget pada beberapa aplikasi tersebut.

Matikan Fitur Jaringan

Fitur jaringan yang sering menjadi penyebab daya baterai boros adalah penggunaan Wi-Fi, GPS, Bluetooth, dan bahkan penggunaan data selular.

Dimana dari antara ketiganya kalian dapat mematikan fitur tersebut apabila penggunaannya sudah tidak diperlukan lagi. Terutama pada fitur GPS, mode jaringan ini merupakan penyebab baterai cepat habis dan android sering cepat panas.

Mode Hemat Baterai

Semisal saat kita di perjalanan dan tidak memungkinkan melakukan cas daya baterai, maka sebaiknya aktifkan fitur penghematan baterai.

Pada umumnya seluruh perangkat android sudah dibekali dengan fitur Mode hemat daya. Dengan fitur ini sistem akan mematikan beberapa fungsi yang berpotensi pemborosan baterai.

Mode Sleep

Ketika kalian sudah tidak menggunakan HP dalam beberapa detik, biasanya layar akan meredup dan terkunci. Penggunaan mode sleep pada layar dengan durasi yang terlalu lama juga dapat menimbulkan potensi pemborosan penggunaan baterai.

Bisa kalian hitung dan kalkulasikan, apabila kalian mengubah mode sleep layar dari 30 detik menjadi 10 detik, maka setiap daya yang dikeluarkan oleh baterai untuk menghidupkan layar akan berkurang cukup drastis.

Pengaturan Getar Notifikasi

Tanpa disadari ketika terdapat pemberitahuan pada android kalian, secara otomatis pasti terdapat suara dan menimbulkan getar.

Getaran tersebut berasal dari dinamo yang terletak di dalam perangkat dan pasti menggunakan sumber daya baterai untuk membuat dinamo bergerak.

Untuk kalian yang ingin menghemat daya penggunaan baterai, silahkan matikan getar dan aktifkan hanya suara saja pada notifikasi yang muncul ketika terdapat pemberitahuan atau panggilan masuk.

Aktifkan kalau sedang diperlukan saja, seperti ketika sedang berada di keramaian yang tidak memungkinkan kalian mendengar suara saat ada pesan dan panggilan masuk.

Bersihkan File Sampah

File-file sampah seperti file temporary dan File cache juga dapat membuat pemakaian baterai yang boros dan bahkan mesin menjadi lebih cepat panas.

File cache, file histori tontonan video youtube dan histori browsing dapat kalian bersihkan untuk mengurangi beban kinerja prosesor dan penggunaan RAM yang dampaknya akan membuat sistem android menjadi stabil.

Baca Juga : Penyebab Android Lemot Dan Cara Mengatasinya

Mengatur Kecerahan Layar

kecerahan layar android

Setiap pengguna smartphone android pastinya akan memilih mode kecerahan layar berdasarkan keinginan dan kenyamanan mata masing-masing.

Namun bila cahaya layar tersebut terlalu cerah, pastinya juga tidak menyehatkan mata dan bahkan dapat membuat penggunaan daya baterai cepat habis.

Selain itu juga perangkat android akan menjadi cepat panas jika menggunakan kecerahan layar yang berlebih. Kalian dapat mengatur serendah mungkin kecerahan tampilan pada layar.

Penggunaan Wallpaper

Hindari menggunakan wallpaper yang memiliki format Gif atau gambar bergerak pada android kalian, karena akan berdampak pada kinerja CPU dan penggunaan RAM yang semakin tinggi.

Perhatikan juga ukuran file wallpaper yang kalian unduh dari situs internet, jangan sampai menggunakan wallpaper dengan ukuran besar.

Gunakan wallpaper dengan ukuran kurang dari 3 MB, dan hindari penggunaan wallpaper dengan gambar bergerak (berformat “.gif”).

Latar Belakang Aplikasi

Tahukah kalian ternyata pada android terdapat banyak aplikasi yang berjalan di balik layar atau background saat kalian tidak menggunakannya.

Umumnya aplikasi yang berjalan pada latar belakang sistem android adalah aplikasi yang memiliki fungsi sebagai sinkronisasi data ke server melalui sambungan internet.

Beberapa contoh aplikasi yang sering berjalan pada background adalah facebook, whatsapp, Instagram, telegram, line, twitter, facebook messenger dan selainnya.

Jika kalian jarang menggunakan salah satu aplikasi tersebut, kalian dapat mematikan prosesnya melalui menu pengaturan, atau bahkan kalian dapat menghapus aplikasi tersebut dari smartphone.

Hindari Suhu Panas

Ketika kalian sedang keluar rumah dan cuaca sangat panas, jaga jangan sampai android terkena terik matahari langsung terlalu lama.

Hal ini dapat mengakibatkan suhu mesin pada perangkat android menjadi semakin panas dan bahkan perangkat hardware menjadi overheat.

Suhu yang terlampau panas, walaupun sedang tidak menggunakan ponsel dapat menyebabkan baterai cepat drop dan membuat mesin android menjadi cepat rusak.

Multitasking Yang Berlebihan

multi tasking android

Multitasking adalah proses menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi secara sempurna.

Contohnya seperti ketika sedang menonton video menggunakan aplikasi youtube, kemudian ada pesan masuk dan langsung membuka pesan tersebut, maka aplikasi youtube tersebut masih berjalan di background.

Jadi, pastikan kalian telah menutup seluruh aplikasi secara sempurna sebelum membuka aplikasi lainnya agar daya baterai pada hp tidak cepat boros.

Aktifkan Mode Malam

Cara menghemat baterai Android selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur mode malam. Mode malam akan merubah seluruh tampilan android dengan menggunakan background berwarna hitam.

Menggunakan dark mode juga dapat menghemat penggunaan baterai android. Kalian dapat menggunakan dan mengatur mode malam pada jam tertentu saja.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Dark Mode Di Android

Matikan Fitur Update Otomatis

Cara menghemat baterai Android lainnya yaitu dengan mematikan fitur update aplikasi secara otomatis. Namun ketika fitur ini diaktifkan, kalian harus mengupdate setiap aplikasi secara manual.

Update otomatis ini selain membuat baterai android menjadi boros, juga akan membuat kuota internet menjadi cepat habis.

Penggunaan Pada Posisi Standby

Penggunaan Android yang membuatnya berada pada posisi standby terlalu lama juga akan membuat baterai menjadi cepat habis.

Contohnya seperti memutar aplikasi video, melakukan panggilan telepon, dan memutar musik audio.

Kalian dapat mengurangi penggunaan aplikasi yang berkaitan dengan tiga hal tersebut, atau kalian juga dapat memanfaatkan perangkat tambahan seperti earphone untuk mengurangi kinerja baterai pada Android.

Dari permasalahan-permasalahan diatas dapat kita tarik kesimpulan, bahwa rata-rata kejadian android yang membuat baterai cpetat drop atau lowbat adalah karena salah dalam penggunaannya sehari-hari.

Selain itu pastikan juga baterai yang kalian gunakan merupakan baterai yang original jangan menggunakan baterai abal-abal walaupun harganya murah.

You May Also Like

About the Author: igoy12