Cara Menghilangkan Virus Pada Laptop

Cara Menghilangkan Virus Pada Laptop – Istilah virus pada komputer merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi untuk para pengguna komputer.

Virus komputer adalah sebuah aplikasi yang diciptakan oleh programer dan tidak jarang program memberikan dampak yang negatif bagi para pengguna komputer lainnya.

Karena virus dapat merusak kinerja laptop, menghapus data-data penting, dan bahkan merusak sistem operasi yang kita gunakan, maka dari situlah kalian harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan virus pada laptop.

Perkembangan virus komputer yang sangat cepat sudah tidak dapat dihindarkan lagi dari perkembangan teknologi saat ini. Virus komputer saat ini telah banyak beredar melalui media jaringan internet.

Ketika para pengguna sedang melakukan browsing dan membuka situs-situs aneh yang terdapat pada internet, maka tidak dapat dipungkiri juga virus akan secara otomatis masuk ke dalam sistem komputer.

Virus komputer ini harus kita akui sebagai salah satu sumber masalah yang sering mengganggu dan bahkan merugikan para pengguna komputer lain.

Mulai dari kerugian yang sangat sederhana seperti berubahnya pengaturan pada komputer, laptop menjadi lemot, hardisk corrupt, file hilang, dan bahkan hingga pencurian data-data penting yang bersifat pribadi.

Salah satu contoh penyebab masuknya virus pada perangkat, ketika kamu menngunduh sebuah film maupun lagu, namun di dalamnya telah tertanam virus yang dapat masuk pada perangkat.

Penyebab Laptop Terkena Virus

Terdapat banyak sekali penyebab laptop dapat terkena virus, terutama bagi para pengguna sistem operasi windows. Silahkan simak penjelasan penyebab laptop terkena virus berikut ini agar kalian dapat terhindar dari virus komputer.

1. Karena sembarangan download file atau software yang terdapat pada situs-situs tidak jelas. Maka carilah file atau software melalui situs sumbernya.

Karena dikhawatirkan file atau software tersebut telah disusupi oleh salah satu virus komouter. Apabila kalian mendownload dan install software tersebut, maka laptop secara otomatis akan terkena virus juga.

2. Membuka file shortcut melalui flashdisk. Bahkan kabarnya tanpa kalian membuka file tersebut, ketika laptop di masukkan flashdisk, virus dapat langsung masuk dan bekerja pada sistem.

3. Karena membuka situs yang dianggap mencurigakan.

4. Antivirus yang tidak pernah di update.

5. Tidak memiliki aplikasi antivirus. Pada saat flashdisk di masukkan ke laptop maka virus dengan sangat mudah masuk ke dalam sistem operasi.

Baca Juga : Tanda Laptop Terkena Virus

Jenis-Jenis Virus

Worm

Virus worm adalah salah satu jenis virus yang dapat menjalar pada sistem operasi tanpa melakukan interaksi dari pengguna laptop. Kebanyakan jenis virus ini masuk melalui lampiran email yang diterima.

Ketika file tersebut dibuka maka virus worm ini akan langsung menyebar pada perangkat komputer yang digunakan.

Spyware

Spyware adalah program aplikasi jenis virus yang dapat menginstall dirinya sendiri secara otomatis pada laptop yang telah terinfeksi tanpa kalian sadari.

Virus jenis ini dapat mengubah pengaturan laptop dan menghapus data-data penting, bahkan data-data pribadi yang terdapat pada laptop dapat diambil oleh pembuat program tanpa diketahui oleh pemilik penggunanya.

Trojan

Trojan merupakan jenis virus yang memiliki kemampuan untuk bersembunyi di dalam program lain terutama program yang terdapat di dalam laptop.

Hampir sama seperti virus worm, virus ini dapat memasuki dan bekerja perangkat kalian tanpa adanya interaksi dari pengguna komputer.

Malware

Malware merupakan program aplikasi yang dapat menginfeksi semua perangkat lunak yang digunakan. Biasanya program aplikasi ini digunakan untuk mencuri data, memalsukan data, menghapus data, dan bahkan untuk memata-matai sebuah perangkat sistem.

Virus malware ini dapat tersebar melalui beberapa metode. Metode yang paling banyak digunakan untuk penyebaran virus ini adalah melalui jaringan internet, pengiriman email, dan penggunaan flashdisk.

Program aplikasi ini tidak hanya menyerang perangkat komputer saja, virus ini dapat menyebar pada sistem server situs web juga. Telah banyak yang menjadi korban dari keberadaan virus malware ini.

Cara Menghilangkan Virus Pada Laptop

Jika kalian bertanya bagaimana cara untuk menghilangkan virus yang telah masuk ke dalam sistem komputer? Untuk menghilangkan virus yang telah masuk ke dalam laptop kalian, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Menggunakan Command Prompt (CMD)

Dengan penggunaan aplikasi Command Prompt, yang menjadi salah satu cara alternatif untuk kalian yang tidak menggunakan aplikasi anti virus.

  1. Klik menu Start dan buka aplikasi Command Prompt. Jalankan aplikasi CMD sebagai administrator dengan cara klik kanan dan pilih run as administrator.

2. Jika kalian ingin memeriksa pada drive “D”, maka ketik perintah ( dir D: attrib -s -h /s /d ) kemudian tekan enter. Dan apabila ingin memeriksa pada drive “E”, maka tinggal ganti dan sesuaikan huruf “D “dengan lokasi drive yang akan diperiksa.

3. Kemudian command prompt akan mengeksplorasi drive yang telah terpilih tadi dan akan menampilkan seluruh file yang ada pada drive tersebut.

4. Selanjutnya cari file yang menurut kalian merupakan file asing, Biasanya file tersebut memiliki ekstensi dengan format “.EXE”, hapus file tersebut menggunakan aplikasi command prompt ini.

5. Apabila file tersebut tidak dapat dihapus, maka kalian dapat menghapusnya menggunakan menu “Run”. Kalian juga dapat memanfaatkan menu “REGEDIT ” dengan cara klik Start – Run – Regedit – Edit – Find – ( nama file virus yang telah ditemukan pada command prompt) – hapus seluruh file registry termasuk foldernya.

Menggunakan Aplikasi Anti Virus

Selain menggunakan cara manual seperti yang telah dijelaskan di atas, kalian juga bisa menggunakan program aplikasi antivirus untuk menghilangkan virus yang ada pada laptop.

Contohnya, kalian dapat menggunakan aplikasi antivirus seperti Smadav, Avira, Avast, Norton, Kaspersky, AVG dan lain sebagainya. Gunakan salah satu antivirus yang menurut kalian mampu memaksimalkan kinerja laptop.

Kemudian setelah menginstal antivirus jangan lupa untuk melakukan scanning dan update program antivirus secara rutin.

Jadi apabila laptop kalian terdapat virus, secara otomatis antivirus kalian akan mendeteksi dan membersihkan file-file yang telah terinfeksi virus.

Menghilangkan Virus Pada Laptop Dengan Cara Rescue Disk

Untuk melengkapi metode yang sebelumnya gunakan metode Safe Mode, dan kalian juga harus mencoba lakukan proses scanning pada laptop kalian pada saat komputer dihidupkan.

Lakukan cara seperti ini dengan menggunakan scanner pra-boot agar program Rescue Disk ini dapat berkerja secara maksimal. Kalian dapat menggunakan Windows Defender secara Offline.

Jika metode yang kalian gunakan sebelumnya tidak berhasil juga dalam menghapus virus secara keseluruhan, aplikasi dan cara seperti ini dapat membantu kalian dalam menghapus virus yang ada pada laptop.

Install Ulang Untuk Menghilangkan Virus Pada Laptop

Cara yang terakhir yang dapat kalian lakukan untuk menghapus virus di laptop yaitu dengan cara menginstal ulang laptop kalian.

Install ulang dapat kalian gunakan apabila virus yang menyebar pada windows telah bekerja semakin luas sehingga program aplikasi antivirus pun tidak dapat mengatasinya dengan baik.

Namun sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan metode yang satu ini, harus dipastikan terlebih dahulu untuk mem-backup data-data penting yang ada pada laptop.

Rate this post

You May Also Like

About the Author: igoy12