1001 Cara Screenshot Di Laptop Dengan Mudah

Saat ini, screenshot menggunakan smartphone atau komputer sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan. Kalian dapat melakukan cara screenshot di laptop dengan mudah hanya sekali klik saja, maka gambar hasil tangkapan dapat langsung disimpan ke galeri.

Banyak sekali alasan mengapa orang ingin melakukan capture layar komputer. Capture pada umumnya digunakan sebagai bukti aktivitas digital. Bahkan ada juga yang melakukan screenshot untuk menyimpan suatu informasi tertentu yang dianggapnya penting.

Mungkin diantara kalian masih banyak yang belum mengetahui cara screenshot menggunakan laptop, karena penggunaan smartphone Android lebih banyak dari pada penggunaan PC.

Untuk kalian yang ingin mengetahui cara Screenshot di laptop dengan mudah, kalian dapat membaca ulasan berikut ini, baik cara screenshot di laptop menggunakan aplikasi ataupun cara screenshot tanpa menggunakan aplikasi.

Cara Screenshot Di Laptop Windows XP

Cara Screenshot Di Laptop Windows XP

Untuk mengambil screenshot pada Windows XP, yang harus kalian lakukan hanyalah menekan tombol Print Screen atau tombol PrtSc, biasanya tombol ini berada di bagian pojok kanan atas keyboard.

Setelah menekan tombol tersebut, selanjutnya kalian dapat menekan Ctrl + V pada program apa pun yang dapat menempelkan gambar seperti aplikasi Paint atau bahkan aplikasi Microsoft Power Point dan Microsoft Word.

Cara lain untuk melakukan capture layar pada Windows XP adalah dengan mengambil gambar pada bagian tertentu. Caranya dengan menekan tombol Alt + PrtSc secara bersamaan. Setelah itu, kalian dapat melanjutkan proses yang sama seperti sebelumnya.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Screenshot Di Laptop Windows Vista dan Windows 7

Cara Screenshot Di Laptop Windows Vista dan Windows 7

Microsoft telah menyediakan Windows Vista dan Windows 7 dengan metode berbeda untuk mengambil tangkapan layar pada sistem operasinya.

Caranya adalah dengan menggunakan Snipping Tools, kalian dapat menemukan fitur ini pada semua versi Windows kecuali untuk Windows Starter, Windows Basic, dan Windows XP.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian bisa langsung menekan tombol “Start”, lalu pilih “All Programs” dan lanjutkan lagi dengan memilih “Accessories”, kemudian klik “Snipping Tool”.

Aplikasi Snipping Tool ini memungkinkan kalian untuk mengambil gambar pada area tertentu pada layar laptop kalian.

Cara Screenshot Di Laptop Windows 8

Cara Screenshot Di Laptop Windows 8

Keuntungan dari sistem operasi ini adalah Microsoft menawarkan kemungkinan untuk menyimpan tangkapan layar yang diambil secara otomatis untuk disimpan kedalam folder tertentu.

Untuk melakukannya, kalian cukup menekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan. Maka hasil tangkapan layar akan secara otomatis disimpan ke dalam folder Pictures Library.

Meskipun demikian, kalian tentu saja dapat mengambil screenshot menggunakan fitur secara manual seperti cara yang sebelumnya pada Windows XP, Vista, dan Windows 7.

Cara Screenshot Di Laptop Windows 10

Tidak jauh berbeda dengan metode sebelumnya, untuk melakukan screenshot di laptop Windows 10 tentunya hal ini dapat dilakukan dengan cara yang sama, namun memiliki beberapa perbedaan. Berikut beberapa hal yang bisa kalian coba.

Cara Screenshot Halaman Yang Sedang Aktif ( Terbuka )

Jika Kalian hanya ingin mengambil screenshot untuk aplikasi atau jendela tertentu yang saat ini sedang terbuka atau aktif. Kalian dapat menggunakan metode atau cara berikut ini.

  • Buka aplikasi yang ingin dicapture layarnya. Pastikan aplikasi yang ingin kalian ambil tangkapan layarnya berada paling depan.
  • Klik tombol ( Alt + Print Screen ).
  • Buka MsPaint atau program aplikasi gambar lainnya, lalu paste, atau tekan ( Ctrl + V ) untuk meletakkan gambar screenshot ke dalam program aplikasi Ms Paint.
  • Simpan file sesuai folder yang diinginkan.

Kalian dapat meletakkan hasil captur pada aplikasi pengolahan gambar lainnya seperti Photoshop, CorelDraw, dan bahkan Ms Power Point.

Cara Screenshot Pada Bagian Tertentu

Untuk screenshot ini, kalian harus menggunakan aplikasi bawaan Windows 10, yaitu aplikasi Snipping Tool. Baca ulasan selanjutnya di artikel ini untuk pembahasan cara mengambil screenshot menggunakan aplikasi Snipping Tool.

Baca Juga : Tanda Laptop Terkena Virus

Cara Screenshot di Laptop Atau Komputer

Tanpa Menggunakan Aplikasi

Tombol Print Screen

Cara paling praktis untuk mengambil screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol Print Screen. Cara ini dianggap paling mudah karena dapat menangkap seluruh layar dengan sekali tekan saja.

Bagi yang belum tahu di mana letak tombol Print Screen, biasanya tombol ini berada di pojok kanan atas keyboard komputer, sejajar dengan tombol fungsi lainnya.

Label untuk tombol ini mungkin berbeda-beda, tergantung pada merek laptop. Tombol ini biasanya diberi label “prt scr”, “prnt scrn”, atau “prt sc”. Untuk mengambil screenshot, tekan tombol tersebut, maka hasilnya akan secara otomatis disimpan ke dalam clipboard.

Untuk melihat dan menyimpan hasilnya, kalian dapat membuka aplikasi Paint atau aplikasi serupa yang terinstal pada laptop kalian. Salin tangkapan layar yang diambil dengan menekan atau klik kanan pada mouse dan pilih “Paste” atau langsung dengan kombinasi tombol Ctrl + V.

Alt + PrtScr

Tombol Print Screen ini dapat digabungkan dengan tombol lain. Misalnya, kalian dapat menekan tombol Print Screen dan dikombinasikan dengan menekan tombol “Alt”.

Berbeda dengan metode pertama, di mana hasil tangkapan layar memberikan hasil dengan gambar layar penuh, menekan Alt + PrtScr secara bersamaan hanya dapat mengambil capture pada jendela yang sedang aktif saja.

Misalnya, apabila kalian membuka Microsoft Word dan Browser tetapi kursor kalian berada pada halaman Microsoft Word, maka yang akan di screenshot hanya satu halaman saja yaitu Microsoft Word.

Metode ini lebih disukai karena keluaran tangkapan layar hanya menunjukkan apa yang dibutuhkan saja. Jika mengambil gambar secara penuh, kalian mungkin perlu memotong bagian-bagian tertentu.

Cara untuk menyalin dan menyimpan gambar sama seperti sebelumnya. Namun perlu kalian perhatikan bahwa tombol “Alt + PrtScr” mungkin tidak dapat berfungsi pada beberapa komputer. Sebagai gantinya, kalian harus menekan tiga tombol sekaligus, yaitu “Alt + Fn + PrtScr”.

Windows + PrtScr

Cara yang paling cepat dan paling efisien untuk screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol logo Windows dan PrtScr. Setiap komputer atau laptop, tombol windows terletak pada bagian bawah keyboard, tepatnya di antara tombol Ctrl dan tombol Alt.

Banyak yang tidak mengetahui fungsi dari tombol windows ini karena tombol ini jarang digunakan. Tombol dengan icon windows ini bukan sekadar indikator saja, selain fungsinya yang bisa menampilkan menu start, tombol windows juga memiliki puluhan fungsi lain apabila digabungkan dengan tombol lain.

Salah satu fungsinya adalah untuk menangkap layar, kalian dapat meng-capture layar laptop dengan menekan tombol Windows + PrtScr. Untuk menyimpan hasilnya kalian tidak perlu membuka aplikasi Paint lagi, karena secara otomatis hasil screenshot akan tersimpan dalam folder Users.

Windows + Shift + S

Kombinasi tombol Windows lainnya yaitu menggunakan tambahan tombol Shift dan S. Kombinasi ini memungkinkan kalian dapat mengambil tangkapan layar laptop pada area tertentu. Saat kalian menekan kombinasi tombol tersebut, layar PC akan berubah menjadi sedikit redup.

Ketika layar redup ini, kalian dapat menentukan area yang akan kalian simpan gambarnya dengan cara memilih opsi snip pada bagian atas layar. Fungsi ini juga dapat memotong area screenshot dengan berbagai bentuk, seperti kotak atau bentuk lainnya.

Selain itu terdapat pilihan untuk Screenshot Fullscreen Snip dan Windows Snip, dan untuk melihat hasilnya kalian dapat menyalin gambar yang diambil ke aplikasi edit gambar seperti cara screenshot sebelumnya.

Windows + H

Cara selanjutnya yang bisa kalian coba yaitu dengan cara screenshot Windows 10 terbaru. Untuk mengambil gambar pada layar dan melakukan sharing secara langsung, Kalian bisa menekan tombol Windows yang dikombinasikan dengan tombol H.

Dengan begitu, sistem akan menangkap layar laptop dan secara otomatis akan membuka jendela windows share toolbar sehingga kalian dapat langsung mengirim file gambar tersebut ke teman melalui berbagai media jejaring sosial yang telah terhubung.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Windows + Volume Down

Cara yang terakhir adalah cara yang jarang sekali digunakan, karena cara ini hanya dapat digunakan untuk pengguna Windows Surface.

Bagi kalian yang menggunakan Windows Surface dapat mengambil screenshot dengan menekan tombol Windows dan tombol bawah. Cara seperti ini mirip dengan cara screenshot di tablet dan smartphone lainnya.

Jika berhasil, layar laptop akan memberikan tanda dengan tampilan yang langsung meredup dan kemudian langsung menyala kembali. Hasil tangkapan layar secara otomatis akan tersimpan dalam folder Screenshot Surface.

Menggunakan Aplikasi

Lightshot

lightshot

Mengambil screenshot layar desktop secara manual mungkin akan menyulitkan kalian, karena memiliki cara yang sedikit rumit. Untuk kalian yang tidak ingin repot screenshot secara manual, kalian dapat menggunakan aplikasi yang bernama Lightshot.

Lightshot dapat digunakan pada seluruh sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux. Penggunaannya pun sangat mudah, kalian hanya perlu menekan tombol PrintScreen pada keyboard, dan layar akan sedikit meredup.

Setelah layar menjadi redup, seret mouse secara diagonal untuk membentuk area yang ingin kalian tangkap gambarnya, kemudian simpan dengan menekan icon kaset atau dengan menekan tombol Ctrl + S.

Selain screenshot, aplikasi ini juga memberikan fitur tambahan yang sangat menarik, yaitu:

  • Unggah hasil capture dengan menekan Ctrl + D, secara otomatis hasil screenshot akan tersimpan pada server prntscr.com
  • Bagikan foto ke beberapa media sosial secara langsung.
  • Temukan Gambar yang mirip menggunakan Google Image Search dengan menekan Ctrl + G.
  • Print hasil capture atau tekan Ctrl + P.
  • Terdapat beberapa tools untuk membuat garis, tanda panah dan lain sebagainya.
  • Dapat langsung menambah teks pada hasil screenshot.

Snipping Tools

Snipping Tools

Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang dapat kalian temukan pada menu Start – Aksesori. Window telah memberikan aplikasi ini pada Windows Vista keatas. Karena ini adalah aplikasi standar kalian tidak perlu menginstalnya lagi. Kalian juga dapat langsung membuka Snipping Tools melalui kolom pencarian Windows.

Sebenarnya cara Windows + Shift + S merupakan perintah shortcut dari aplikasi Snipping Tool. Namun dari pada kalian harus mengingat kombinasi dari ketiga tombol tersebut, akan lebih mudah jika kalian langsung membuka aplikasi Snipping Tool.

Game Bar

Game Bar

Program lain yang dapat menangkap layar laptop adalah Game Bar. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk menangkap layar dengan format video dan dapat menyiarkannya secara langsung.

Agar lebih cepat, game bar bisa dibuka dengan menekan tombol Windows + G secara bersamaan. Kalian bahkan dapat membuat tombol pintasan sendiri. Apabila ingin mengambil screenshot, tekan tombol tersebut hingga muncul tulisan “Yes, this is a game”.

Selanjutnya tekan tombol Windows + Alt + PrtScr atau ikon kamera, jika berhasil maka hasil tangkapan layar secara otomatis akan tersimpan pada folder Users.

Gunakan aplikasi Dropbox

dropbox

Cara terakhir adalah menggunakan aplikasi Dropbox. Sebagai media pertukaran data online yang sangat populer, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini.

Salah satu layanan dari cloud Dropbox adalah fitur screenshot otomatis yang sangat cepat. Namun untuk menggunakan fitur ini, kalian harus menginstal aplikasi Dropbox terlebih dahulu.

Untuk menggunakannya pilih menu preferences dan klik Impor. Kemudian aktifkan opsi “Save screenshots to your Dropbox”. Tekan Print Screen maka gambar akan secara otomatis tersimpan ke dalam akun Dropbox.

Untuk melihat hasil screenshot, kalian dapat membuka folder ( Dropbox – screenshots ) pada Windows Explorer. Aplikasi Dropbox ini juga dapat memungkinkan penggunanya untuk membagikan tautan hasil tangkapan layar melalui email atau media sosial.

Manfaat lain menggunakan Dropbox adalah kalian tidak perlu khawatir akan kehilangan file hasil capture, bahkan jika laptop kalian rusak sekalipun, karena aplikasi ini akan menyimpan file secara online.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Ukuran Pdf

Kesimpulan

Ternyata, ada banyak pilihan yang bisa kita coba untuk mengambil screenshot di PC. Gunakan hanya apa yang menurut kalian paling mudah.

Kalian juga dapat menggunakan screenshot panjang seluruh layar atau meng-capture layar dari atas hingga bawah. Jika hasil dirasa kurang pas, kalian dapat melakukan editing menggunakan aplikasi bawaan windows seperti Paint, Photo, atau bahkan aplikasi Photoshop.

Semoga cara-cara ini dapat bermanfaat, apabila kalian memiliki tambahan atau pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di bawah.

You May Also Like

About the Author: igoy12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *