Cara Sharing Printer

Cara Sharing Printer

Cara Sharing Printer – Ketika kalian ingin mencetak beberapa dokumen penting pastinya kalian membutuhkan perangkat yang bernama printer. Hadirnya printer ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Agar penggunaan printer dapat dimanfaatkan secara maksimal, printer harus dikonfigurasi terlebih dahulu agar dapat digunakan oleh banyak orang. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan fitur sharing printer.

Banyak orang yang memanfaatkan fitur ini untuk menghemat biaya yang dikeluarkan oleh mereka, terutama pada mereka yang menggunakan sistem operasi windows.

Alasan Sharing Printer

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya, mengapa harus menggunakan metode seperti ini? menghubungkan printer menggunakan jaringan sangat bermanfaat, terutama pada lingkungan instansi, perkantoran, dan organisasi berskala kecil atau berskala besar.

Pada lingkungan tersebut, penggunaan printer tidak sebatas pada satu atau dua orang saja, akan tetapi pada banyak orang dengan tingkat kebutuhan yang sangat tinggi.

Pastinya pihak kantor atau instansi tersebut akan mengalami kesulitan apabila harus menyiapkan printer untuk masing-masing komputer yang di gunakan.

Dengan menerapkan penggunaan printer pada jaringan, maka mencetak dokumen hanya dengan menggunakan satu printer pun dapat dilakukan oleh siapa saja.

Bahkan dengan cara sharing printer dan menerapkan metode seperti ini, kalian juga dapat mencetak dokumen menggunakan smartphone yang kalian miliki.

Manfaat Sharing Printer

Terdapat banyak manfaat dari menggunakan fitur sharing printer pada sistem operasi Windows ini. Diantara sekian banyak manfaat tersebut, berikut ini 5 manfaat menggunakan fitur sharing printer.

Penghematan Biaya

Dengan menggunakan cara sharing printer melalui jaringan LAN atau jaringan WiFi, maka pihak perusahaan, instansi, dan atau organisasi dapat mengurangi pengeluaran biaya.

Jelasnya mereka tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk membeli printer pada setiap komputer yang digunakan.

Jumlah printer dapat dibatasi berdasarkan dengan tingkat penggunaannya. Namun jenis printer yang digunakan ini, pada umumnya memiliki spesifikasi yang lebih canggih jika dibandingkan dengan printer biasa.

Perawatan Lebih Mudah

Manfaat berikutnya saat menerapkan cara sharing printer pada komputer dengan menggunakan windows adalah perawatan yang lebih mudah.

Karena perangkat printer ini sering digunakan, maka printer akan membutuhkan perawatan secara berkala. Jika ini di abaikan maka akan muncul masalah seperti tinta meluap atau kertas yang sering tersangkut pada mesin printer.

Karena jumlah penggunaan pada mesin printer yang tidak terlalu banyak, maka perawatannya juga tidak akan memerlukan waktu yang lama. Selain itu, perawatan juga dapat dilakukan secara terpusat untuk beberapa printer saja.

Baca Juga : Cara Update Windows 10

Penggunaan Yang Praktis

Sharing printer menggunakan jaringan LAN atau WiFi juga dapat memberikan manfaat pada penggunaan yang praktis. Pencetakan dokumen dapat dilakukan dari jarak jauh. Dengan cara ini, waktu karyawan tidak terbuang dengan percuma hanya untuk melakukan cetak dokumen.

Fleksibilitas Penggunaan

Penggunaan yang fleksibilitas juga merupakan salah satu keuntungan selanjutnya dari fitur sharing printer. Pada umumnya, printer yang dapat terhubung menggunakan sebuah jaringan tidak hanya satu saja.

Selain penggunaan komputer yang banyak, printer yang digunakan juga tidak sebatas hanya satu saja, dengan pengaturan seperti ini, memungkinkan pengguna dapat memilih printer idle (yang sedang tidak digunakan).

Lebih Terkontrol

Manfaat yang terakhir dari menerapkan fitur sharing printer ini yaitu penggunaan mesin printer yang dapat dimonitoring.

Karena sebuah fasilitas dalam lembaga mungkin terdapat orang yang tidak bertanggung jawab dan sering menggunakan printer kantor untuk keperluan pribadi mereka.

Mungkin ini terlihat sepele, namun jika hal ini dilakukan secara terus-menerus dan dilakukan oleh orang banyak, maka perusahaan akan menanggung beban yang cukup banyak.

Selain itu, printer juga membutuhkan tinta dan kertas terus-menerus saat digunakan.

Cara Sharing Printer Pada Windows

Cara agar printer dapat digunakan lebih dari satu perangkat komputer tergolong sangat mudah. Kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini pada komputer agar printer dapat melakukan sharing melalui jaringan LAN atau WiFi.

Terdapat 2 langkah yang perlu dilakukan, yaitu melakukan pengaturan pada perangkat yang terkoneksi dengan printer dan cara mengakses perangkat agar dapat menggunakan printer pada jaringan LAN atau WiFi.

1. Konfigurasi Komputer Yang Terhubung Pada Printer

  • Buka Control Panel

Buka menu “Control Panel” dengan mengklik logo windows pada bagian bawah pojok kiri layar dekstop atau klik kanan pada logo Windows, kemudian pilih Control Panel.

Selain itu kalian juga dapat membuka menu ini dengan cara menekan tombol keyboard yang bergambar “Windows + R” secara bersamaan, kemudian ketik “Control Panel” pada kolom, dan tekan “OK”.

Halaman Run
  • Konfigurasi Network dan Internet

Selanjutnya, buka “Network and Internet” yang terdapat pada halaman Control Panel.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

  • Setting Sharing Center

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, tekan “Network and Sharing Center”, pada menu tersebut.

Kemudian pada menu sebelah kiri, pilih “Change advanced sharing settings“. Tahap ini perlu dilakukan agar fitur sharing file dan printer dapat diaktifkan.

  • Mengaktifkan Sharing File dan Printer

Selanjutnya, aktifkan pilihan “Turn on network discovery” dan “Turn on file and printer sharing”.

Setelah mengaktifkan kedua pilihan tersebut, maka pengguna pada komputer lain dapat menemukan dan mengakses printer yang berada dalam satu jaringan WiFi atau LAN.

  • Matikan Password Security

Langkah selanjutnya adalah membagikan akses file dan penggunaan printer. Matikan keamanan password agar pengguna lain dapat menggunakan printer tanpa memasukkan pasword terlebih dahulu.

Caranya, tekan “All Networks”, pilih opsi “Turn off password protected sharing”, kemudian tekan “Save changes” untuk menyimpan pengaturan.

  • Pastikan Printer Telah Terhubung

Pada langkah ini kalian telah mengaktifkan fitur “File and printer sharing”, maka sharing printer sudah dapat dilakukan.

Kalian dapat langsung membuka menu “Control Panel”, pilih “Hardware and Sound”, dan buka “View Devices and Printers”.

  • Setting Printer Properties

Pada layar yang muncul, kalian dapat melihat nama printer yang sedang terhubung pada komputer. Klik kanan pada printer tersebut kemudian pilih opsi “Printer properties”.

  • Sharing Printer

Pada halaman yang baru terbuka, klik “Sharing” pada menu bagian atas dan beri tanda ceklis pada tulisan “Share this printer”, kemudian tekan “OK”.

2. Mengakses Sharing Printer

  • Aktivasi Network Sharing

Hidupkan atau pilih “Turn on network discovery” dan “Turn on file and printer sharing” pada halaman Advance sharing settings, kemudian tekan “Save changes”.

  • Membuka Network Pada File Explorer

Jalankan printer yang telah di-sharing sebelumnya menggunakan “file explorer” atau tekan tombol “Windows + E” (secara bersamaan). Selanjutnya, pada bagian sebelah kiri, buka “Network”, dan buka file komputer yang printernya sudah di sharing.

  • Hubungkan Printer

Pilih nama printer tersebut, kemudian koneksikan pada perangkat yang kalian gunakan. Caranya klik kanan pada printer lalu tekan pilihan “Connect“.

Untuk melakukan pengujian, kalian dapat melakukan tes print menggunakan Microsoft Word.

You May Also Like

About the Author: igoy12