Cara Update Windows 7

Jika kalian bertanya bagaimana cara update Windows 7 pada komputer? maka kalian telah mengunjungi halaman website yang tepat. Berikut ini kami akan membahas cara melakukan update windows 7 dengan mudah.

Apabila kalian mengalami masalah laptop lemot, mungkin kalian harus melakukan update pada sistem operasi yang kalian gunakan agar kinerja komputer tetap stabil.

Berikut ini penjelasan lengkap cara melakukan update dan mematikan update otomatis pada sistem operasi windows 7 dengan mudah dan cepat.

Cara Mudah Update Windows 7

Hal pertama yang harus kalian perhatikan sebelum melakukan update windows yaitu pastikan terlebih dahulu bahwa laptop kalian terhubung dengan koneksi internet.

Maka sistem secara otomatis akan mengirimkan sebuah pemberitahuan bahwa Windows telah menerbitkan fitur pembaruan. Untuk melakukan pembaruan tersebut, kalian bisa langsung menekan notifikasi yang tampil.

Selain itu Update Windows juga dapat dilakukan melalui menu Start dan control panel, caranya yaitu :

  • Dengan menekan tanda Windows di bagian pojok kiri bawah – All Programs – Windows Update.
  • Atau menggunakan menu Control Panel – System and Security – Windows Update.

Setelah membuka Panel Windows Update, sistem akan menampilkan pembaruan yang tersedia. Kalian dapat melihat detail pembaruan dengan menekan tulisan yang berwarna biru pada bagian samping kanan.

Untuk memulai proses pembaruan, pilih tombol Install updates. Secara otomatis windows akan mengunduh seluruh fitur terbaru dan menginstalnya pada laptop.

Lamanya proses update ini tergantung dari banyaknya fitur terbaru yang disediakan oleh windows dan kecepatan dari koneksi internet.

Selama proses update, kalian dapat menggunakan komputer seperti biasanya. Akan tetapi, perlu kalian ketahui bahwa seluruh sumber daya akan digunakan oleh sistem untuk proses pembaruan ini.

Setelah proses update selesai, kalian harus me-restart perangkat kalian, ketika perangkat telah menyala kembali, maka Windows secara otomatis akan menerapkan konfigurasi pembaruannya.

Sistem operasi Windows juga memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk dapat melihat dan merevisi apa saja yang telah diperbarui.

Cara melihatnya, kalian dapat membuka menu “View update history”. Pada menu tersebut kalian bisa mengakses fitur yang baru saja diinstal atau kalian dapat mencopot instalasinya.

Untuk konfigurasi asli, Windows 7 menerapkan fitur pembaruan secara otomatis tanpa meminta persetujuan dari pengguna. Ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya yang ingin selalu menjaga stabilitas kinerja laptop.

Cara Mematikan Update Windows 7 Otomatis

Windows juga memberikan peluang bagi para penggunanya untuk melakukan konfigurasi personal, salah satunya yaitu mematikan update otomatis pada windows 7.

Kalian dapat mematikan fitur update otomatis tersebut dengan cara :

  • Buka menu Windows Update – pilih “Change settings” pada panel bagian sebelah kiri.
  • Klik menu tersebut untuk menampilkan pilihan konfigurasi.
  • Kemudian cari pilihan “Important updates“.
  • Maka ada drop-down yang jika diklik akan ada empat pilihan pemutakhiran Windows.
  • Kalian dapat memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan.
  • Untuk mematikan pembaruan otomatis, disarankan jangan memeilih pilihan yang paling atas.
  • Pilihlah opsi yang ketiga, yaitu “Check for updates but let me choose whether to download and install them”.

Pada pilihan ini, Kalian akan diberi notifikasi terlebih dahulu jika Windows menyediakan pemutakhiran sistem terbaru. Kalian dapat menentukan sendiri, apakah ingin menjalankan proses update atau menundanya.

Selain itu pada menu ini juga kalian dapat mengatur agar Windows tidak melakukan update sama sekali pada pembaruan selanjutnya.

Cara Update Windows tanpa Koneksi Internet

Pengembang Windows akan selalu merilis pembaruan secara berkala dan akan langsung memberitahukan kepada penggunanya yang memiliki koneksi internet.

Namun, bagaimana jika laptop yang di gunakan tidak memiliki koneksi internet? Berikut ini cara melakukan update windows 7 secara offline ( tanpa koneksi internet ).

Menggunakan AutoPatcher 1.3

Sebelum melakukan dan menggunakan metode ini, kalian harus memiliki aplikasi AutoPatcher terlebih dahulu. Jika kalian telah memilikinya, silahkan lanjutkan tahap berikutnya.

Versi aplikasi yang kompatibel dengan Windows 7 adalah Autopatcher 1.3 atau versi diatasnya. Ketika laptop masih terkoneksi dengan internet, AutoPatcher akan mendownload pembaruan Windows yang direkomendasikan.

Hal tersebut bertujuan agar kalian dapat menggunakan aplikasi ini ketika perangkat tidak memiliki jaringan internet. File yang terunduh tersebut akan berupa data yang dapat diekstrak menggunakan program WinRar.

Setelah proses unduhan selesai dan file telah di ekstrak, buka folder yang ada didalamnya dan temukan file instalasi ( apup.exe ).

Kemudian, terdapat panel yang menampilkan beberapa pilihan pembaruan program sistem operasi. Silakan pilih Windows 7 atau kalian dapat menyesuaikannya dengan sistem operasi yang digunakan.

Setelah itu, kalian harus menyiapkan sebuah flashdisk untuk memindahkan seluruh berkas tersebut, dan memasangnya pada laptop yang ingin diperbarui.

Pastikan juga berkas tersebut sudah memiliki sebuah item arsip yang bernama autopatcher.exe. Karena file inilah yang akan digunakan pada perangkat yang ingin di perbarui.

Menggunakan WSUS Offline Update Tool

Aplikasi WSUS Offline Update tool ini sangat mudah digunakan dan juga dapat bekerja dengan cara yang sama seperti pada aplikasi AutoPatcher.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu tersedianya pembaruan dari berbagai pilihan sistem operasi seperti Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.

Cara penggunaannya hampir sama seperti aplikasi AutoPatcher, yaitu dengan mendownload terlebih dahulu berkas-berkas pembaruan mengunakan koneksi internet agar dapat digunakan secara offline.

Lakukan proses instalasi dan ikuti seluruh petunjuk yang tersedia pada aplikasi untuk mendapatkan pembaruan sistem operasi yang kalian gunakan pada laptop.

Mengunduh Langsung dari Microsoft

Microsoft akan selalu menyediakan beberapa fitur terbaru pada halaman website resminya. Hal ini dapat kalian gunakan apabila penggunaan aplikasi dari pihak ketiga dirasa terlalu beresiko.

Kalian dapat melakukan metode selanjutnya yaitu mendownload file pembaruan versi terbaru langsung dari website Microsoft.

Dengan mengakses website resmi milik microsoft, kalian akan memperoleh berbagai macam informasi tentang detail instalasi dan update sistem operasi.

Pada saat menekan tombol Download, website akan menampilkan panel baru yang berisi file-file pembaruan. Setiap file pastinya memiliki fitur dan fungsi yang berbeda-beda pula. Berikut penjelasan detail dari masing-masing file tersebut.

  • Berkas yang pertama yaitu file dengan format data “.iso”. File ini berisi seluruh berkas pembaruan lengkap. Ukuran file ini hampir 2GB, kalian dapat mendownload berkas ini jika tidak memahami proses pembaruan.
  • Berkas yang kedua dan sampai yang ketujuh yaitu file dengan format data “.iso”. File ini berisi enam data untuk melakukan proses pembaruan pada Windows 32 bit atau 64 bit, perangkat dengan prosesor Intel atau AMD.

Data-data ini akan dibutuhkan ketika perangkat memiliki permasalahan pada saat proses instalasi pembaruan. Pilih salah satu berkas yang sesuai dengan laptop kalian berdasarkan versi Windows dan jenis prosesor.

Rate this post

You May Also Like

About the Author: igoy12