Cara Update Windows 8

Berbicara tentang sistem operasi windows 8, pastinya tidak terlepas pula pembahasan tentang cara update windows 8. Cara update sistem operasi ini tidaklah sulit, bahkan pengguna pemula pun dapat melakukan update sistem operasi ini.

Namun, proses pembaruan ini harus dilakukan secara berkala untuk menghindari beberapa masalah windows 8/8.1 ini, salah satunya yaitu seperti bugs pada Windows 8/8.1.

Microsoft adalah perusahaan yang mengembangkan Windows 8/8.1, mereka selalu merilis sistem pembaruan secara rutin, terutama pada hari selasa dan minggu setiap bulan.

Akan tetapi berdasarkan hal tersebut, Microsoft pun dapat merilis pembaruannya pada waktu yang dirasa sangat penting.

Untuk kalian yang belum melakukan pembaruan windows 8/8.1 dan ingin mengetahui dan melakukan upadate sistem operasi dengan mudah, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Update Windows 8/8.1

Melakukan update dengan menggunakan Windows Update, merupakan salah satu cara yang sangat disarankan oleh Microsoft. Berikut ini cara melakukan update windows 8/8.1 dengan mudah.

  1. Langkah yang pertama yaitu masuk ke menu Settings, atau dengan menekan tombol (Windows + I) pada keyboard. Setelah itu klik “Change PC settings” pada bagian bawah menu Settings.
  1. Pilih “Windows Update” pada bagian menu PC Settings sebelah kiri bawah.

3. Kemudian pilih “Check for updates now“. Maka akan tampil kotak dialog Windows Update, klik pilihan “Check for updates now“. Disini kalian dapat mengetahui fitur pembaruan yang terbaru.

4. Tunggu beberapa saat, sampai keluar daftar informasi fitur pembaruan yang tersedia berdasarkan perangkat dan sistem operasi yang kalian gunakan.

4. Setelah mengetahui daftar pembaruan fitur yang tersedia untuk Windows 8, lakukan update pembaruan tersebut dengan cara menekan tombol “Install” pada bagian bawah.

Pada proses ini kalian dapat memilih jenis pembaruan, pembaruan penting (important updates) atau pembaruan terpilih (optional updates) yang akan di pasang terlebih dahulu.

5. Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses update windows 8 selesai.

6. Setelah proses pembaruan berhasil, akan keluar kotak dialog yang memerintahkan kalian untuk me-restart laptop agar proses update berjalan dengan sempurna. Pilih tombol “Restart now” untuk melakukan proses restart.

Pada proses ini, agar pembaruan berjalan dengan sempurna kalian tidak diperbolehkan mematikan komputer. Kalian harus menunggu proses update benar-benar selesai dan komputer akan melakukan reboot setelah proses tersebut selesai.

Setelah, laptop hidup kembali, komputer kalian secara otomatis melakukan pengaturan pembaruan dan proses update windows 8/8.1 pun telah selesai dilakukan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Virus Pada Laptop

Cara Update Windows 8.1 Secara Manual

Selain menggunakan cara seperti di atas, kalian juga dapat melakukan pembaruan Windows 8 tanpa koneksi internet (offline). Kalian harus mendownload file pembaruan Windows 8.1 terlebih dahulu.

Menggunakan cara seperti ini, sangat bermanfaat bagi kalian yang mengalami masalah dengan koneksi dan jaringan internet.

Berikut penjelasan detail cara melakukan update windows 8.1 secara ofline.

1. Download file pembaruan.

Kunjungi website resmi Microsoft dan lakukan download file pembaruan Windows 8.1 berdasarkan jenis sistem operasi dan perangkat yang kalian gunakan.

Untuk Windows 8/8.1 32-bit, download file yang bernama Windows 8.1 x86. Sedangkan untuk Windows 8/8.1 64-bit, download file yang bernama Windows 8.1 x64.

2. Instal file pembaruan

Lakukan instalasi file pembaruan yang telah kalian download sebelumnya. Kalian harus memasang file tersebut berdasarkan urutan yang telah ditentukan oleh microsoft.

Berikut urutan untuk melakukan update Windows 8.1

  1. KB2919442
  2. KB2919355
  3. KB2932046
  4. KB2937592
  5. KB2938439
  6. KB2934018

Agar proses update berjalan dengan lancar, lakukan reboot komputer setiap selesai memasang file pembaruan satu per satu.

Harus kalian perhatikan bahwa cara pembaruan ini hanya berlaku untuk memperbarui Windows 8.1 saja. Jika kalian menggunakan Windows 8, sebaiknya kalian menggunakan cara otomatis seperti cara yang yang pertama.

Cara Upgrade Windows 8 ke Windows 8.1

Sistem operasi Windows 8 dan Windows 8.1 dapat dikatakan banyak sekali kemiripannya. Tetapi dibalik kesamaan tersebut pasti terdapat beberapa fungsi dan fitur yang berbeda.

Sebelum kalian melakukan update Windows 8.1, sebaiknya lakukan pembaruan Windows 8 yang sedang digunakan terlebih dahulu. Agar kalian dapat melakukan upgrade Windows 8.1 secara sempurna.

Jika kalian menggunakan Windows 8, dan ingin memperbaruinya ke Windows 8.1. Kalian dapat mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini.

1. Buka Menu Store

Pastikan laptop telah memiliki dan terhubung jaringan internet. Buka menu “Store” pada tombol start, kemudian temukan ikon untuk melakukan “upgrade“.

2. Download file pembaruan

Selanjutnya, tekan “download” agar file pembaruan tersimpan pada perangkat kalian. File ini memiliki ukuran yang cukup besar sekitar 3.63 GB. Oleh karena itu, kalian harus menggunakan koneksi internet yang stabil.

3. Restart Komputer

Selama menunggu proses download selesai, kalian dapat menggunakan komputer seperti biasa. Apabila proses download selesai, akan tampil pemberitahuan agar kalian me-restart komputer.

4. Menu License Terms

Setelah proses restart komputer selesai, akan muncul notifikasi “License terms”. Anda dapat membacanya terlebih dahulu atau langsung menekan pilihan “I accept“.

5. Settings Windows

Kemudian, akan tampil kotak dialog pengaturan pemasangan, kalian dapat memilih “Use express settings” atau “Customize“.

Setelah itu, kalian harus memasukkan password akun Microsoft dan memilih ingin menggunakan fitur SkyDrive atau tidak.

Aplikasi SkyDrive ini adalah sistem penyimpanan data yang telah terintegrasi dengan sistem operasi Windows 8.1.

6. Pemasangan aplikasi

Apabila proses upgrade berhasil, kalian akan melihat tampilan dekstop Windows 8.1 yang transparan. Jika kalian ingin memasang kembali beberapa program aplikasi yang telah terpasang sebelumnya, kalian dapat langsung menekan shortcut aplikasi yang ingin dipasang.

Baca Juga : Cara Update Windows 7

Upgrade Windows 7 ke Windows 8

Selain upgrade dari Windows 8 ke windows 8.1, kalian juga dapat melakukan cara seperti di atas untuk melakukan upgrade dari Windows 7 ke windows 8.

Namun agar data yang kalian miliki tidak hilang, kalian harus mem-backup seluruh file penting terlebih dahulu ke penyimpanan eksternal.

Biasanya para pengguna sistem operasi Windows 7 memanfaatkan aplikasi Windows 7 Recovery untuk menyimpan seluruh file penting yang mereka miliki.

You May Also Like

About the Author: igoy12