Jenis dan Teknik Foto

Jenis dan teknik foto

Untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas dan memiliki hasil yang sempurna, kalian harus mengetahui pembahasan tentang jenis dan teknik foto

Kalian dapat menerapkan posisi pengambilan foto atau yang disebut dengan angle. Angle merupakan teknik pengambilan gambar berdasarkan sudut pandang posisi kamera.

Agar foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan terlihat profesional, kalian harus mengerti dan paham tentang posisi angle pengambilan foto menggunakan kamera.

Berikut pembahasan lebih lengkap tentang jenis dan teknik foto.

Jenis-Jenis dan Fungsi Angle Foto

Pada dasarnya posisi pengambilan gambar yang dapat kalian terapkan terdapat 7 macam dan jenis angle kamera. Berikut jenis-jenis angle pengambilan foto.

Angle Kamera

Eye Level Kamera

Metode yang pertama adalah metode pengambilan gambar berdasarkan sudut normal atau sejajar dengan mata secara horizontal.

Sudut pengambilan pada metode ini juga tidak hanya dapat diambil dari posisi depan saja, akan tetapi kalian dapat mengambil foto dari sebelah kiri, kanan, atau pun dari belakang objek.

Fungsi :

Metode ini sangat cocok jika digunakan untuk mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan objek. Contohnya: menatap sesuatu, mengobrol, dan aktivitas sehari-hari lainnya.

Selain itu dengan menggunakan metode ini pun hasil foto akan terlihat dan terkesan lebih netral karena tidak terdapat kesan intimidasi yang tercipta, mengingat sudut padang pada objek yang sejajar.

Low Angle Kamera

Pengambilan foto menggunakan angle kamera berikutnya adalah pengambilan gambar dari posisi sudut kamera lebih rendah dari pada objek yang difoto.

Teknik ini dilakukan dengan cara meletakkan posisi kamera di bawah posisi objek foto. Kalian harus mengambil gambar dari sudut yang lebih rendah dari pada objek foto.

Fungsi :

Menciptakan karakter objek terlihat memiliki kekuatan, terlihat perkasa dan objek terlihat perspektif atau sang objek seolah-olah memiliki derajat yang lebih tinggi.

Bottom Angle

Bottom Angle adalah cara pengambilan gambar dengan posisi kamera tepat di bawah posisi objek foto.

Fungsi :

Menjelaskan objek dibidikan yang berada di atas. Terdapat banyak sekali momen foto yang dapat diterapkan pada teknik ini.

Contohnya : mendeskripsikan objek pada sebuah perjalanan di hutan yang terdapat pohon-pohon tinggi. Memberi kesan dramatis karena terdapat tampilan dari visual pohon.

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Android

High Angle Kamera

Teknik pengambilan angle foto ini dilakukan dengan memposisikan kamera di atas objek pada kemiringan tertentu. Teknik ini juga bisa meletakkan kamera diatas sekitaran objek, baik kanan, kiri, depan atau di belakang.

Fungsi :

Karakter objek yang dihasilkan terlihat seperti tertekan, karena pandangan objek akan terlihat lebih kecil. Selain itu juga teknik ini digunakan untuk menegaskan kesan yang luas seperti menceritakan sebuah pemandangan alam.

Top Angle Kamera

Metode pengambilan foto seperti ini dapat dilakukan dengan meletakkan posisi kamera pada posisi atas objek.

Fungsi :

Dapat menjelaskan objek yang difoto dalam keadaan tertekan, contohnya : objek yang sedang dalam keadaan sedih. Selain itu, teknik ini biasanya dapat menjelaskan objek foto yang derajatnya lebih rendah.

Bird Angle

Teknik ini menempatkan posisi angle kamera dari ketinggian yang jauh seperti penglihatan pada burung. Metode ini biasanya digunakan untuk mencitrakan lingkungan yang luas lengkap dengan benda yang berada di sekitarnya

Pengambilan foto menggunakan teknik ini memerlukan alat khusus seperti kamera drone. Teknik ini juga biasanya digunakan untuk pembuatan film-film Hollywood yang sering menampilkan gambaran keadaan kota.

Frog Angle Kamera

Teknik ini merupakan teknik pengambilan gambar mengggunakan sudut pandang yang sangat rendah dan posisi kamera lebih dekat kepada objek.

Cara pengambilan foto menggunakan teknik ini hanya dengan meletakkan posisi kamera sejajar dengan dasar, ketinggian maksimal kamera dari alas kurang lebih hanya 30 cm.

Fungsi :

Menghasilkan karakter dari objek dengan keadaan yang sangat jelas. Teknik ini dapat digunakan untuk menerangkan kegiatan objek yang sedang difoto.

Camera Movement

Teknik yang terakhir adalah teknik pengambilan video dengan menggerakan camera.

Fungsi :

Biasanya penggunaan dari teknik ini akan memberi kesan tersendiri bagi kalian yang menyukai dunia perfilman ( cinematography ).

Selain mengetahui jenis-jenis angle kamera, kalian juga harus mengetahui dan mempelajari teknik-teknik pengambilan foto agar memiliki hasil yang baik dan terlihat seperti fotografer profesional.

Baca Juga : Standar Ukuran Kertas Foto

Teknik Foto Berdasarkan Ukuran

Setelah mengenal jenis anggle kamera, pembahasan selanjutnya yaitu tentang teknik pengambilan foto berdasarkan ukurannya. Besar dan kecil ukuran gambar Pasti tidak akan terlepas dari tujuan pengambilan gambar.

Hal semacam ini sangat berguna untuk mendeskripsikan gambaran dari situasi dan kondisi, atau pun gambaran emosional pada objek foto. Berikut teknik-teknik pengambilan foto berdasarkan ukuran gambarnya.

Close Up

Teknik pengambilan gambar mulai dari kepala hingga bawah leher. Teknik ini digunakan untuk mempertegas detail dari ekspresi dan mimik objek dengan menampilkan kerutan wajah.

Extreme Close Up

Merupakan teknik pengambilan gambar yang hanya fokus pada bagian tertentu saja, seperti mata, hidung, dan bibir. Teknik ini digunakan untuk gambar-gambar katalog produk.

Big Close Up

Teknik memotret dari kepala hingga ke bagian leher. Biasanya teknik ini lebih memperlihatkan detail ekspresi pada objek foto.

Medium Close Up

Adalah teknik mengambil foto dari bagian kepala hingga bagian dada Tujuan dari teknik ini yaitu untuk mempertegas gambaran dari profil seseorang.

One Shoot

Cara mengambil foto seluruh atau sebagian dari satu subjek tanpa ada objek lain dalam gambar. Teknik one shoot ini berfungsi agar hasil yang didapatkan dari subjek terlihat sangat jelas.

Two Shoot

Merupakan perluasan dari teknik pengambilan gambar one shoot. Cara mengambil foto seluruh atau sebagian dari beberapa subjek dengan mengabaikan objek lain yang berada di sekitarnya. Teknik ini juga dapat diaplikasikan pada foto prewedding.

Group Shoot

Adalah teknik pengambilan gambar sekumpulan subjek/objek baik kerumunan orang, organisasi, perkumpulan dan lain sebagainya.  Penggunaan dari teknik biasanya digunakan untuk mengambil gambar atau foto keluarga.

Medium Shot

Pengambilan gambar dari teknik ini dimulai dari bagian kepala hingga bagian pinggang. Tujuan dari teknik ini yaitu untuk memperlihatkan detail ekspresi bahasa tubuh dari objek.

Long Shoot

Teknik ini yaitu teknik pengambilan yang memperlihatkan seluruh bagian tubuh dari bagian kepala hingga bagian kaki tanpa ada yang terpotong. 

Penggunaan teknik ini juga tertuju pada subjek dengan kegiatan dan ekspresi pada objek tersebut lengkap dengan background dan gambar latar belakangnya.

Extreme Long Shot / Full Shot

Teknik ini adalah teknik dengan cangkupan area yang sangat luas dengan memasukkan objek yang berada di sekitar subjek. 

Pada teknik ini subjek utama akan terlihat sedikit lebih kecil. Kalian harus mencari komposisi yang sesuai agar subjek utama sesuai dengan objek yang berada di sekitarnya.

Biasanya fotografer menggunakan teknik ini untuk keperluan foto prewedding outdoor dengan menampilkan pemandangan yang berada di sekitarnya.

You May Also Like

About the Author: igoy12