Tanda Laptop Terkena Virus

Tanda Laptop Terkena Virus – Pernahkah kalian merasakan komputer atau PC yang kalian miliki mengalami penurunan performa? biasanya komputer atau PC yang sudah digunakan lebih dari 5 tahun, akan mengalami penurunan performa.

Penurunan performa ini akan kalian rasakan secara bertahap, hal ini merupakan kasus yang sangat wajar terjadi. Hampir seluruh pengguna komputer atau laptop merasakan hal demikian.

Tidak hanya itu saja, hal ini dapat terjadi secara signifikan. Kalian dapat merasakan penurunan performa laptop atau PC kalian hanya dalam hitungan bulan bahkan hitungan hari.

Dari semua kasus di atas, tidak menutup kemungkinan penyebabnya merupakan akibat dari beberapa virus komputer.

Untuk mengetahui tanda laptop terkena virus, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu pengertian, sejarah, dan jenis-jenis dari virus komputer dibawah ini.

Virus Komputer

Virus komputer merupakan sebuah program perangkat lunak yang dapat bekerja dari satu sistem komputer ke komputer lain dengan cara mengganggu pengoperasian perangkat lunak komputer.

Selain itu, virus komputer dapat menghapus bahkan merusak beberapa data pada komputer yang telah terjangkit virus.

Sejarah virus komputer

Virus komputer telah muncul sekitar tahun 1949, yang awalnya virus komputer ini digunakan oleh para programer hanya sebagai ajang permainan dan untuk memberikan hiburan pada mereka.

Dan akhirnya berkat eksperimen seperti ini, virus komputer terus berkembang hingga saat ini dan bahkan menjadi sangat berbahaya karena terdapat pontensi untuk merusak sistem perangkat lunak dan jaringan komputer.

Kemudian pada tahun 1980-an, banyak para pengembang perangkat lunak mulai memperkenalkan sebuah program yang dapat menyebar dengan sangat cepat hanya dengan melalui jaringan komputer saja.

Jenis Virus Komputer

Hingga saat terdapat beraneka ragam jenis-jenis virus komputer. untuk jenis yang sangat umum sering kita temukan setidaknya terdapat kurang lebih 13 jenis virus.

Seluruh jenis virus tersebut dapat masuk dan merusak sistem komputer yang kalian gunakan. Berikut beberapa jenis virus komputer yang sering kita temukan tersebut :

  1. Trojan
  2. Worms
  3. Kuda Troya
  4. Spyware 
  5. Malware
  6. Keyloggers
  7. RATS
  8. Web Scripting virus
  9. Multipartite Virus
  10. FAT Virus
  11. Companion Virus
  12. Polymorphic Virus
  13. Directory Virus

Ciri-Ciri Laptop Terkena Virus

Agar kita dapat mengetahui komputer yang kita gunakan telah terserang virus atau tidak, maka dapat kita ketahui berdasarkan beberapa ciri-ciri yang akan muncul pada sistem komputer.

Ciri-ciri tersebut akan timbul pada saat kita mengoperasikan komputer. Berikut ini beberapa ciri-ciri laptop terkena virus :

Hardisk Menyusut Secara Tiba-Tiba

Ciri yang pertama komputer kalian terkena virus yaitu hardisk yang menyusut secara tiba-tiba tanpa disertai instalasi aplikasi atau pemindahan file-file pada laptop.

Hal seperti ini bisa saja terjadi karena program virus tersebut telah bekerja dan menginstall dirinya sendiri, karena adanya proses instalasi virus tersebut maka hardisk pada laptop akan berkurang tanpa kalian sadari.

Terdapat File Yang Rusak ( Corrupt )

Saat kalian menemukan beberapa file yang tidak bisa dibuka karena rusak, mungkin ini merupakan salah satu tanda bahwa laptop atau PC kalian telah terkena virus komputer.

Biasanya virus akan bekerja dengan cara me-replace atau men-delete beberapa file default pada sistem komputer, yang akan berakibat file mengalami corrupt atau gejala missing files.

Ketika file telah terhapus, maka yang dapat kalian lakukan adalah me-restore total seluruh file yang telah terkena virus tersebut. Dengan catatan kerusakan benar-benar disebabkan oleh virus komputer, dan bukan kerusakan dari sistem hardware.

Harddisk Mengalami Corrupt

Tidak hanya file saja yang mengalami rusak ( corrupt ), akibat dari virus komputer juga dapat merusak sebuah perangkat kerat yaitu harddisk.

Hardisk kalian pun dapat mengalami gejala-gejala yang tidak biasa disebabkan oleh virus, salah satunya yaitu corrupt. Satu-satunya cara untuk menangani masalah hardisk corrupt yaitu dengan mem-format hardisk tersebut.

File Hilang Secara Tiba-Tiba

File yang hilang secara tiba-tiba adalah sebuah ciri-ciri yang sangat mungkin terjadi dan sudah banyak dialami oleh pengguna komputer.

Virus dapat membuat file di dalam hardisk menjadi tersembunyi atau bahkan terhapus, meskipun telah melakukan scaning, namun tidak dapat diakses.

Untuk mengakses file tersebut, kalian harus menggunakan aplikasi yaitu command prompt. Selain untuk menghilangkan atribut file tersembunyi cara ini dapat dilakukan pada file yang telah terinfeksi virus komputer.

Kinerja Menjadi Melambat Akibat Laptop Terkena Virus

Selain tanda-tanda di atas, ciri-ciri lainnya dari virus komputer yang telah mulai menyerang laptop/PC yaitu menurunnya kinerja komputer secara drastis.

Masalah seperti ini disebabkan oleh kinerja virus yang telah menggunakan banyak sekali penggunaan RAM pada laptop/PC, sehingga sisa ruang penyimpanan dan RAM yang ada pada komputer menjadi semakin sedikit. Hal ini menyebabkan kinerja komputer yang semakin melambat.

Lebih dari itu, virus komputer juga dapat menyebabkan CPU menajadi lebih panas dari biasanya, karena komputer dipaksa untuk bekerja secara berlebihan dan tidak terkontrol.

Baca : Cara agar laptop tidak lemot.

Komputer Restart Sendiri atau Mati Secara Tiba-Tiba

Jika pada saat kalian sedang menggunakan laptop/PC, tiba-tiba perangkat kalian me-restart sendiri atau mati secara mendadak, itu mungkin disebabkan oleh kinerja virus yang ada pada perangkat kalian.

Bahkan efek lain yang ditimbulkan oleh virus ini adalah laptop/PC yang kalian gunakan sering mengalami hang atau freeze. Kasus seperti ini sering terjadi apabila penyebaran virus pada laptop sudah meluas.

Komputer atau PC akan sering mengalami mati sendiri ( self restart ) ataupun mati secara mendadak.

Terdapat Program Yang Tidak Bisa Digunakan

Terkadang virus yang telah menyerang komputer juga dapat menyebabkan sebagian aplikasi atau program tidak dapat berjalan dengan sempurna.

Hal ini pula disebabkan oleh virus yang telah menyerang beberapa file dari program-program aplikasi terinstal sehingga aplikasi tidak dapat di buka dan mengalami corrupt.

Selain itu penyebabnya juga memiliki hubungan dengan adanya missing file pada direktori software, yang mengakibatkan suatu software tidak dapat digunakan seperti biasa.

Kinerja Antivirus Tidak Maksimal

Karena virus merupakan rekayasa perangkat lunak, virus juga memiliki kemampuan yang baik dalam kinerjanya. Virus dapat melakukan non-aktifasi aplikasi antivirus yang kalian miliki.

Dengan kemampuan seperti ini, virus yang telah masuk ke dalam perangkat kalian dapat mengakses aplikasi antivirus yang telah terinstall mati secara tiba-tiba.

Yang lebih parah lagi adalah aplikasi antivirus tidak dapat dihidupkan atau diaktifkan kembali proteksinya.

Muncul Pesan atau Notifikasi Aneh Karena Laptop Terkena Virus

Terkadang hal seperti ini sering kalian alami ketika kalian sedang mengakses website atau email, karena virus telah masuk ke dalam jaringan internet yang kalian miliki.

Ketika virus telah berhasil mengakses jaringan internet kalian, virus akan menampilkan notifikasi atau pesan-pesan tertentu secara otomatis.

Muncul File Yang Aneh Akibat Laptop Terkena Virus

Ciri-ciri terakhir yang paling sering terjadi ketika laptop/PC kalian telah terserang virus adalah akan bermunculan file-file aneh di dalam perangkat kalian.

File-file tersebut akan muncul secara tiba-tiba tanpa kalian sadari. Biasa file aneh ini berextensi seperti .DOCX, .CONF, .EXE , .DLL. dan masih banyak lagi ekstensi lainnya.

Laptop Terkena Virus, Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasinya?

Untuk mencegah masuknya virus ke dalam perangkat yang kalian miliki, terdapat beberapa hal yang dapat kalian lakukan sebagai pencegahan dan proteksi virus komputer.

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah virus masuk kedalam sistem komputer.

  1. Menggunakan memaksimalkan kinerja software antivirus.
  2. Sering melakukan update antivirus.
  3. Selalu periksa virus ketika menggunakan perangkat tambahan seperti flasdisk dan hardisk eksternal.
  4. Jangan melakukan download file dari internet asing.
  5. Gunakan fitur internet security.

Selain beberapa cara sederhana yang dapat kalian lakukan dengan mudah agar laptop dapat terhindar dari ancaman virus. Terdapat beberapa cara lain untuk kalian yang apabila komputer sudah terinfeksi virus.

Kalian dapat melakukan beberapa hal seperti dibawah ini :

  1. Lakukan scaning atau Deteksi virus menggunakan antivirus.
  2. Bersihkan file direktori yang terdeteksi terjangkit virus dengan menggunakan BIOS ( cara ini dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman, karena ketika salah melakukan pembersihan, sistem operasi akan mengalami corrupt ).
  3. Gunakan MsConfig untuk melihat program atau file-file yang akan berjalan ketika komputer melakukan dihidupkan ( booting ).

Demikian beberapa cara yang cukup aman dan dapat kalian gunakan untuk membersihkan dan menghindari virus dari laptop/PC.

Tetapi jika kalian mengalami kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang yang lebih berpengalaman di bidangnya, karena kemampuan virus dalam merusak sistem komputer sangat sulit dipahami.

You May Also Like

About the Author: igoy12